Wakil Bupati HM Rusli Ikuti Rakor Apkasi Se-Kalsel

0

ASOSIASI Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (31/05/2022).

PADA Rakor ini membahas isu strategis ada di Kalsel, untuk disampaikan saat Rakernas Apkasi pertengahan Juni 2022 mendatang.

Rakor yang dipimpin koordinator wilayah Kalsel Bupati Tanah Laut H Sukamta ini, turut dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli bersama beberapa kepala daerah lainnya.

Rapat koordinasi wilayah kali ini, mengusung tema ‘Peningkatan Kerjasama dan Aspirasi Daerah Dalam Rangka Pertumbuhan Perekonomian Guna Mendukung Ibu Kota Negara Baru’.

BACA: Rakor Apkasi 2022, Sukamta Minta Pemerintah Pusat Jangan Buat Indikator

Melalui kegiatan yang dibuka langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor secara daring itu diharapkan dapat mendorong peningkatan kerjasama dan aspirasi daerah dalam pertumbuhan ekonomi guna mendukung ibukota negara (IKN) baru.

Pembangunan kedepan dalam mewujudkan visi Kalsel Maju, juga melihat dan mendengar aspirasi peran IKN.

Gubernur meminta agar pemerintah kabupaten yang ada di Kalsel dapat meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang untuk menggapai cita-cita dan pembangunan daerah tersebut.

Seperti diketahui, tercatat ada dua kota di Kalsel dengan sebelas kabupaten yang jumlah penduduknya 4,1 juta jiwa, dan luas 37.500 km.

“Kalsel sangat strategis dan tepat menjadi tumbuh kembang transportasi regional dari, dan menuju IKN. Tentunya, ini akan berdampak positif bagi provinsi Kalsel secara keseluruhan,” ujarnya.

BACA JUGA: Sambut IKN di Kaltim, Tanah Bumbu Membutuhkan BLK Skala Besar

Gubernur mengungkapkan, wilayah yang berdekatan langsung dengan IKN penting untuk diperhatikan. Yakni yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tabalong dan Kotabaru.

“Harus siap berbenah diri lebih tajam lagi didukung kabupaten kota lain di Kalsel. Kalsel terus berupaya melalui APKASI berkerjasama menyiapkan pembangunan masing-masing. Kalsel punya misi banua maju, Kalsel maju,” kata Gubernur.

Hal senada djuga iungkapkan Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli menuturkan, kehadiran kepala daerah dalam kegiatan ini sangat penting. Selain sebagai konsolidasi organisasi Korwil Apkasi Kalsel juga sekaligus sebagai persiapan mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-14 Apkasi yang rencananya akan digelar di Kabupaten Bogor pertengahan Juni 2022 mendatang.

Ia menjelaskan, lebih utama terkait isu lainnya yang strategis. Yakni ditetapkannya daerah di Kalimantan Timur sebagai IKN, otomatis Kalsel akan menjadi daerah penyangga. “Sehingga diharapkan pemerintah pusat layak memberikan perhatian khusus. Setidaknya dari sisi pembangunan infrastruktur,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.