URC Pusaka Dirikan Dapur Umum Di Lokasi Korban Tenggelam

0

BANTU siapkan makan dan minum untuk relawan yang mencari korban tenggelam di anak sungai Jangkung di Kelurahan Jangkung kecamatan Tanjung Tabalong, Unit Reaksi Cepat (URC) Pusaka dirikan dapur umum.

URC PUSAKA merupakan unit yang didirikan oleh perkumpulan Pusaka Tabalong ini turut terpanggil untuk membantu masyarakat yang sedang terkena musibah salah satunya banjir dan korban tenggelam ini.

Komandan URC Pusaka Arif Rahman Hakim mengatakan, URC Pusaka ini memang mengkhususkan diri pada kegiatan pendukung dalam penanganan bencana dalam hal ini dapur umum. “Sejak didirikan sekitar awal tahun 2021, URC Pusaka memang sudah menetapkan untuk fokus pada dukungan dapur umum,” ujarnya pada wartawan, Senin (30/5/2022).

Pihaknya, ungkap Arif, ingin mengisi celah yang masih jarang dipersiapkan para relawan yang lebih fokus pada aktivitas penyelamatan. “Padahal,” tambahnya, “salah satu kunci penting dari kegiatan penyelamatan dan pencarian adalah ketersediaan dukungan logistik yang memadai, termasuk bahan makanan.”

BACA: KNPI Tabalong Bantu Dapur Umum Pencarian Anak Tenggelam

URC Pusaka digagas oleh Direktur Perkumpulan Pusaka Firman Yusi, yang sekarang merupakan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dari Fraksi PKS. Dalam aksinya URC Pusaka juga mengkedepankan kerja sama dan kolaborasi dengan masyarakat sekitar.

“Seperti aktifitas dapur umum ini, kami bersama warga setempat melakukan aktifitas memasak untuk kebutuhan makan minum para relawan,” ucapnya.

Dalam hal ini, URC Pusaka menyiapkan peralatan memasak dan bahan mentah dan tenaga masak yang turut dibantu warga setempat. Untuk bahan mentah, pihaknya masih didukung oleh Firman Yusie selaku Direktur Eksekutif termasuk penyedian alat-alat dapurnya.

“Namun kami juga memberi kesempatan pada warga untuk berkontribusi dalam menyediakan bahan mentah untuk diolah di dapur,” katanya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.