Sosialisasi Aplikasi ‘Si Barake’ Sistem Informasi Laporan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas Anggota DPRD

0

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Utara, melaksanakan Sosialisasi aplikasi ‘Si Barake’ yaitu Sistem Informasi Laporan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas Anggota Dewan, Selasa (31/5/2022).

KETUA DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini mengatakan, Sosialisasi ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan good governance dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan.

Oleh karena itu pengelolaan keuangan negara perlu diselenggarakan secara profesional, transparan dan akuntabel sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Menurutnya, dengan latar belakang tersebut dibuatlah program aplikasi ‘Si Barake’, yaitu aplikasi perjalanan dinas ini dimana untuk pembuatan surat tugas untuk keperluan perjalanan dinas yang dilakukan oleh pejabat DPRD menjadi lebih teratur dan tertib.

BACA: Jatah Perjalanan Dinas DPRD Barito Utara Sudah Habis?

Hal ini diharapkan tidak terjadi lagi penomoran surat tugas yang sama untuk tiap perjalanan dinas serta output yang dihasilkan dari aplikasi dapat dilihat lebih informatif karena menggambarkan beberapa uraian yang diperlukan oleh pengguna maupun pemakai data.

Dikatakannya, penggunaan program aplikasi ‘Si Barake’ ditujukan juga untuk mempermudah pada saat rekonsiliasi, dengan hasil laporan yang selalu up to date dan otomatis atas data perjalanan yang dilaksanakan oleh pegawai maupun pejabat yang ada pada satuan kerja tersebut.

“Hingga data kebenaran data akan selalu terpelihara dan dapat monitoring atas kegiatan perjalanan ataupun orang yang melaksanakan perjalanan dapat di monitor setiap saat sesuai keinginan yang diharapkan oleh pengguna,” pungkasnya.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.