Songsong Harjad HSS Desember 2022, Lomba Kicau Perkutut Dihelat di Sungai Raya

0

JELANG even lebih besar, Persatuan Burung Perkutut se-Banua Anam menghelat latihan bersama di Lapangan Perumahan Griya Asri B6, Sungai Raya, Kandangan.

LATIHAN bersama ini juga diisi dengan lomba kicau burung perkutut dan piyik. Ada 42 burung perkutut dewasa dan 54 burung perkutut piyik mengikuti lomba ini, Minggu (29/5/2022).

“Peserta lomba kicau burung perkutut dan piyik tak hanya diikuti dari wilayah Banua Anam, namun juga dari kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” ucap Ketua Pelaksana Lomba Kicau Burung Perkutut, Herly Wahyuni kepada awak media.

Menurut dia, even ini merupakan ajang pemanasan untuk mempersiapkan lomba yang lebih besar bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Desember 2022 nanti. “Latihan sekaligus lomba ini juga untuk menjalin silaturahmi pencinta burung perkutut se-Kalsel,” ucap Herly.

BACA : Polisi Bongkar Praktik Jual Beli Burung Betet di Sungai Tabuk, Satu Pemuda Diamankan

Anggota DPRD HSS dari PAN, Hariadi mendukung penuh even lomba burung perkutut, karena dengan itu spesies khas Indonesia bisa dilestarikan.

“Jika latihan dan lomba kicau burung perkutut sering dilaksanakan bisa membangkitkan semangat bersama untuk melestarikan burung yang mulai langka ini,” ucap wakil rakyat asal dapil 1 HSS (Sungai Raya, Simpur dan Kalumpang) ini.

BACA JUGA : Lomba Burung Puter Pelung Raih Penghargaan MURI

Usai bertanding selama 5 jam, akhirnya ditentukan siapa saja yang menjadi pemenang lomba kicau burung perkutut. Mereka adalah Ipul Kandangan dengan burung Bimasena di kelas piyik hanging (PH) menjadi juara 1. Disusul, Taufik (Rantau) dengan burung perkutut Sampoerna dan Ramadhan Ilham dengan burung andalannya, Ramadhan di posisi runner up dan ketiga.

Sedangkan di kategori dewasa senior, keluar sebagai jawara adalah Winardi Setiono dari Banjarmasin, dan Sodaran SDP dan Haryono di posisi kedua dan ketiga.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.