Terapkan SMK3 Demi Zero Accident, PLN UIP Kalbagtim Raih Penghargaan Menaker

0

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) meraih penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan atas implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

PENGHARGAAN diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah kepada General Manager PLN UIP Kalbagtim, Josua Simanungkalit di Jakarta, Rabu (24/5/2022).

“Dalam kesempatan ini, terdapat total 67 unit PLN dari seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Menteri Ketenagakerjaan. Kegiatan penghargaan yang dilaksanakan secara hybrid, PLN UIP KLT mendapatkan kesempatan untuk menerima secara langsung dari Menteri Ketenagakerjaan,” ucap Josua.

Penghargaan ini diberikan oleh pemerintah kepada manajemen perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan SMK3 yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan pada jangka waktu tertentu.

BACA :Tetap Lakukan Koordinasi, PLN UIP Kalbagtim Terima 13 Sertifikat Tanah

PLN UIP KLT telah mengimplementasikan SMK3 sejak 2016 dan kemudian tahun 2021 yang lalu telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM).

“Implementasi SMK3 sendiri sejalan dengan target PLN untuk mewujudkan zero accident, dan nilai-nilai budaya K3 yang mana tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia,” tambah Josua.

Terdapat keterkaitan dalam pengimplementasian SMK3, yang saling bergantung dan berhubungan dengan sistem manajemen mutu. Hal tersebut yang membantu perusahaan untuk menentukan dan menjaga standar kerja agar visi dan misi perusahaan dapat tercapai.

BACA JUGA : PLN UIP Kalbagtim Bayar Kompensasi Lahan Tapak Tower SUTT di Pulau Sebuku Kotabaru

Josua menyatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta standar mutu perusahaan merupakan hal penting dalam keberlangsungan kegiatan atau proses bisnis, terutama di PLN UIP KLT yang merupakan unit bisnis yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan infrastruktur kegenagalistrikan di Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Berdasar audit SMK3 yang dilaksanakan pada 2021 lalu, PLN UIP KLT berhasil mendapatkan poin penilaian sebesar 90,36 untuk audit tingkat lanjutan dengan 166 kriteria audit, dimana hasil tersebut masuk dalam kategori memuaskan. Atas hasil penilaian tersebut, PLN UIP KLT senantiasa akan terus menegakkan budaya K3 pada setiap aspek dalam rangka pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

BACA JUGA : Percepat Pembangunan Gardu Induk Tarjun, PLN UIP Kalbagtim Tuntaskan Pembebasan Lahan

Josua menambahkan bahwa untuk mempertahankan hingga meningkatkan poin tersebut, PLN UIP KLT senantiasa akan terus menegakkan budaya K3 dengan maksimal, mulai dari perencanaan pekerjaan hingga pelaksanaan dilapangan sesuai dengan standart operating procedure (SOP) yang berlaku.

“Seperti penggunaan peralatan dan kelengkapan kerja yang memenuhi standar, hingga memilih pekerja yang berkompetensi dan teruji,” ucap Josua.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, dengan kibaran bendera emas SMK3, dapat menjadi penyemangat bagi kami untuk menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan yang andal dan bermutu,” pungkas Josua.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.