Pengrajin Binaan Pemkot Banjarmasin Ikuti Pameran Nasional

0

PENGRAJIN sasirangan dan souvenir Kota Banjarmasin binaan Dekranasda Kota Banjarmasin dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, diberangkatkan mengikuti pameran tingkat nasional di Kota Bandung, Jawa Barat.

KEGIATAN bertemakan Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi yang dipusatkan di Festival Citylink Bandung itu, dibuka langsung Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Suhra, dan dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor, Jumat (27/5/2022).

Menurut H Arifin, pameran yang diikuti kota-kota di Indonesia ini menampilkan produk dalam berbagai bidang seperti, perdagangan, pariwisata, pertanian, perikanan, perindustrian dan investasi.

Menampilkan produk khas kota berjuluk seribu sungai, yakni kain sasirangan dan berbagai souvenir khas produk asli para pengrajin binaan. “Alhamdulillah Kota Banjarmasin juga ikut pada hari ini. Mereka pengrajin di bawah binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, kita menampilkan produk produk industri kita seperti sasirangan dan souvenir- souvenir lainnya,” katanya.

BACA: Pameran Jogja Istimewa dan Produk UMKM Banjarmasin Digelar Sebulan Penuh di Lobby Hotel Mercure

Lebih lanjut dijelaskannya, keikutsertaan Pemkot Banjarmasin dalam event bergengsi ini, selain untuk mempromosikan produk asli Kota Banjarmasin, juga sebagai upaya mendukung program yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo agar masyarakat selalu mencintai produk-produk lokal atau dalam negeri sendiri.

Dengan mencintai produk sendiri, diharapkan sektor perdagangan dan industri dalam negeri akan lebih berkembang, sehingga bisa lebih menggeliatkan roda perekonomian.

“Utamanya, dengan digemarinya produk dalam negeri, maka para produsen bisa menjadi tuan rumah di negeri mereka sendiri. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini produk-produk kita ini semakin digemari, sehingga nanti betul betul kita bisa menjadi tuan rumah sendiri,” ucapnya.

Stand pameran milik Pemkot Banjarmasin di area pameran tersebut memang terlihat berbeda dengan stand daerah lain yang kebanyakan menampilkan produk elektronik. Karenanya, jangan heran bila stand berwarna biru dengan dekorasi lambang Pemkot Banjarmasin dan Dekranasda Kota Banjarmasin itu, lebih banyak dilirik pengunjung.

BACA JUGA: Gandeng Pengrajin Sasirangan, Disdag Kalsel Ramaikan Apindo UMKM Expo II

Melihat animo cukup baik dari para pengunjung pameran tersebut terhadap produk kreatif kota Banjarmasin, H Arifin pun berharap, kedepannya para pengrajin binaan bisa memperluas jaringan pemasarannya, tak hanya lingkup nasional, tetapi bisa menembus pasar internasional.

“Mudah-mudahan kita juga semakin bisa memasarkan ke berbagai wilayah indonesia, seperti luar negeri dan mancanegara,” tungkasnya.

Tampak hadir juga dalam kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 26 hingga 29 Mei 2022 tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ihcrom Muftezar.(jejakrekam)

Penulis prokom-banjarmasin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.