KPH Balangan Lakukan Pembinaan Kepaa Forum KTH dan Penyuluh Kehutanan

0

PEMBINAAN terhadap forum Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) di Kabupaten Balangan, dilakukan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) setempat, Senin (23/5).

PADA kegiatan yang berlangsung di gazebo Taman Hijau Balangan di Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan tersebut, menghadirkan masing-masing Ketua dari KTH dan PKSM yang berada di bawah binaan KPH Balangan.

Bukan hanya KTH dan PKSM Kabupaten Balangan yang menjadi peserta, namun juga dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Karena, per tahun 2022 wilayah kelola KPH Balangan juga meliputi kabupaten tetangga tersebut.

“Pada tahun ini terdapat beberapa PKSM baru yang berasal dari Kabupaten HSU,” ujar Nazaruddin, S. Hut, Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Balangan.

Dikatakan Nazar, kegiatan ini selain sebagai kegiatan silaturahmi, juga sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan masyarakat dalam hal menyampaikan program-program kegiatan di bidang kehutanan dan pembinaan kepada masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan.

“Dan yang paling penting, melalui kegiatan rutin yang kita laksanakan ini, bisa menjadi wadah kita untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada di KTH binaan, sehingga dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menyusun rencana kegiatan tahun berikutnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Penyuluhan Kehutanan pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Subhan Fahrani, S. Hut yang juga turut berhadir, memberikan motivasi kepada Ketua KTH dan PKSM, agar terus semangat dalam menjalankan tugas dan kegiatan pengembangan usaha dalam membangun ekonomi masyarakat.

Diungkapkan Fahrani, ada beberapa kegiatan fasioitasi yang rencananya dilaksanakan di tahun ini, diantaranya pelatihan dan pengembangan wawasan untuk para KTH dan PKSM melalui pelatihan pembuatan pupuk organik, perbanyakan tanaman dengan sistem okulasi dan pembuatan label atau kemasan.

“Semoga dengan adanya kegiatan fasilitasi dari KPH Balangan ini, kedepannya dapat membantu kegiatan dan usaha yang ada di Kelompok Tani Hutan wilayah kelola KPH Balangan,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.