Gelar Bimtek Keamanan Pangan Bagi IRTP, Aditya Berharap Produk UMKM Kota Banjarbaru Lebih Meningkat

0

BIMBINGAN Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan Bagi Pemilik Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) se-Kota Banjarbaru digelar di Hotel Novotel Banjarbaru, Selasa (24/5/2022).

AGENDA ini bertujuan meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan IRTP tentang pengolahan pangan dan perpu bidang keamanan pangan. Dilaksanakan selama 2 hari, yakni 24 dan 25 Mei 2022, diikuti sebanyak 50 peserta tersebar bagi pelaku industri rumah tangga pangan di Kota Banjarbaru.

Menumbuhkan kesadaran dan motivasi pengelola IRTP tentang pentingnya pengolahan pangan yang hygiene dan tanggung jawab terhadap keselamatan konsumen. Serta meningkatkan daya saing dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan IRTP, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menyampaikan mutu pangan olahan dapat tetap terjaga dan akan berpengaruh terhadap jumlah penjualan, dikarenakan adanya kepercayaan dari konsumen.

BACA: Bantu Pengembangan UMKM, Pemkot Banjarbaru Luncurkan Layanan Rumah Kemasan

“Izin produksi pangan olahan industri rumah tangga juga sangat diperlukan untuk pengembangan usaha. Untuk mendapatkan izin tersebut sebelumnya sebuah usaha harus mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan oleh BPOM,” katanya.

Walikota Banjarbaru melanjutkan, dirinya berharap dengan diadakannya bimtek ini dapat memajukan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Banjarbaru.

“Poduk dari UMKM Kota Banjarbaru ini mutunya lebih meningkat, kualitasnya lebih bagus dan mendapat nilai jual yang lebih baik,” harapnya.

BACA JUGA: Kunjungi Creative Hub Mes L, Delegasi City Tour W20 Puji Pemberdayaan Pelaku UMKM Banjarbaru

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat sekaligus Ketua Panitia Rita Fitriani mengatakan, pelaksanaan ini merupakan salah satu persyaratan bagi pengelola industri rumah tangga pangan untuk mendapatkan sertifikat.

“Agar semua pengelola industri rumah tangga pangan memahami bagaimana sebernarnya keamanan pangan yang baik dan benar. Produk yang mereka hasilkan benar-benar memberikan keamanan bagi konsumen,” tuturnya.

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari BBPOM Banjarmasin, Kementerian Agama Kota Banjarbaru, Dinas PMPTSP Kota Banjarbaru dan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.