Pendirian IPSKA, Dinas KUMP2 Tanbu Kunjungi Kemendag

0

KEPALA Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu (Tanbu) H. Deny Hariyanto bersama Bidang Perdagangan dan Kemetrologian mengunjungi Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI di Jakarta. 

KUNJUNGAN untuk melaksanakan konsultasi dan koordinasi terkait pendirian Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) di Tanbu.

Menurut H. Deny, dengan berdirinya IPSKA diharapkan dapat menjadi peluang baru bagi para pengusaha. “Mereka yang mempunyai produk berpotensi ekspor dan perusahaan eksportir lama dapat lebih mudah melakukan ekspor di Tanbu,” ucapnya.

BACA: DKUMP2 Tanbu Gelar Pasar Murah Minyak Goreng dan Gula

Bahkan, jelasnya, memunculkan peningkatan nilai ekspor, yang berdampak pada perekonomian Tanbu secara signifikan. Konsultasi dan koordinasi di Kementerian Perdagangan tersebut, sambungnya, Tanbu punya peluang besar dapat mengajukan permohonan pengajuan pendirian IPSKA melalui Dirjen Fasilitasi Ekspor Impor. “Jadi dari segi beberapa persyaratan seperti pelabuhan samudera, jalur angkutan darat lintas provinsi, dan angkutan udara yang dimiliki, serta potensi komoditi ekspor dari perusahaan besar dan kecil yang ada Tanbu sangat memadai,” paparnya.

Apalagi, sebutnya, melihat persyaratan berdirinya Institusi Penerbit IPSKA, mulai segi daya dukung dan potensi komoditi ekspor Tanbu cukup mumpuni. Dengan begitu, ujarnya lagi, peluang menjadi sangat besar untuk proses selanjutnya. “Yaitu peninjauan langsung oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, selaku perpanjangan tangan dari Menteri Perdagangan ke Tanbu,” tutur H. Denny, Selasa (24/5/2022) di Batulicin.

Selama ini, tambahnya, perusahaan eksportir Tanbu dalam pengurusan Perizinan Surat Keterangan Asal Barang untuk persyaratan perusahaan mereka ke Institusi IPSKA di Banjarmasin, Surabaya dan Jakarta. “Ini sangat sulit untuk mendapatkan data komoditi apa saja yang telah keluar dari kabupaten baik antar pulau maupun yang diekspor,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.