Lepas Ratusan Calon Jamaah Haji, H Ibnu Sina Doakan Mabrur

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina resmi melepas Calon Jamaah Haji 1443 H/2022 M. Pelepasan tersebut diiringi dengan Sholat Hajat, yang bertempat di Masjid Sabilal Muhtadin, Kamis (19/5/2022).

TURUT hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin H Muhammad Rofi’i dan para ulama, ustad serta jajaran SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Dalam kegiatan itu, H Muhammad Roffii menyampaikan jumlah peserta calon jamaah haji sebanyak 267 orang, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

BACA: Kalsel Siap Songsong Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

“Sebanyak 267 jamaah, terdiri dari laki-laki 111 orang, perempuan 156 orang. Hampir 50 persen dari kondisi normal. 28 orang lagi adalah jamaah daftar tunggu, sisa kuota dari provinsi Kalimantan Selatan yang belum melakukan pelunasan,” beber H Muhammad Rofi’i.

Ia juga mengingatkan kepada para calon jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan. Sebab, ibadah haji bukan hanya ibadah rohaniah dan maliyah (harta), akan tetapi juga ibadah jasmaniah.

Oleh karenanya, sebelum keberangkatan digelar manasik haji yang dibimbing oleh para ulama, ustad dan kelompok bimbingan haji, hal ini sebagai upaya agar para calon jamaah haji tidak bingung terhadap hal-hal yang dilakukan setiba di kota Mekkah.

BACA JUGA: Daftar Tunggu Haji Kalsel Sudah 36 Tahun, Kemenag Prioritas Berangkatkan CJH Tertunda

Sementara itu, H Ibnu Sina mengucapkan terimakasih banyak kepada para kyai, ustad dan Kanwil Kemenag Kota Banjarmasin serta para pembimbing haji yang telah membimbing manasik calon jamaah haji.

“Ulun atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin mengucapkan selamat melaksanakan ibadah haji, selamat jalan. Mudah-mudahan selamatan di perjalanan, mudah-mudahan diberi kemudahan dalam menunaikan beribadah,” ucap H Ibnu Sina.

Ia juga meminta do’a kepada para calon jamaah haji untuk mendoakan warga Kota Banjarmasin yang ditinggalkan semoga diberi keselamatan untuk semuanya.

“Tetapi jangan lupa doakan kami warga kota Banjarmasin untuk keselamatan kita berataan yang berangkat selamat yang ditinggalkan selamat, mudah-mudahan khusyu dalam beribadah mencapai haji yang mabrur, dan kembali ke Kota Banjarmasin dalam keadaan lengkap,” kata H Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.