Momentum Tablik Akbar di Even Budaya Mappanre Ri Tasi E Eratkan Kebersamaan

0

EVEN budaya Mappanre Ri Tasi E yang rutin digelar di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) setiap bulan April. Dan bersamaan Hari Jadi setiap tahunnya, selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sebab diisi berbagai kegiatan acara termasuk acara keagamaan.

SEPERTI Kamis (19/5/2022) malam, di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, ada Tabligh Akbar menghadirkan KH Muhammad Zhofaruddin (Guru Udin) dari Samarinda.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar mengungkapkan kalau malam itu adalah malam yang sangat luar biasa. Buktinya berkumpulnya kita di sini adalah bentuk kecintaan terhadap Allah SWT, dan juga wujud kerinduan terhadap Nabi Muhammad SAW. “Semoga kehadiran ini akan semakin meningkatkan keimanan kita,” ucapnya. 

BACA: Malam Ini Guru Udin Tausyiah di Even Budaya Mappanre Ri Tasi E

Menurutnya, Kabupaten Tanah Bumbu dengan mottonya Bersujud adalah simbol untuk terus berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Salah satunya dengan rutin melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di setiap kesempatan, termasuk even Mappanre Ri Tasi E malam ini, ” kata Abah Zairullah. 

Bupati mengapresiasi dan penghargaan kepada Lembaga Ade Ogi Pagatan yang mengemas acara dengan baik. Momentum budaya itu menjadi ajang meningkatkan kebersamaan, kearifan lokal menjadi warisan nenek moyang yang tidak ditinggalkan namun sesuai kaidah agama. “Sesuai petunjuk para alim ulama kita menghilangkan asumsi. Namanya tidak lagi Mappanretasi (memberi makan laut), tapi menjadi Mappanre Ri Tasi E (makan bersama di laut). Tidak ada lagi nilai syirik dalam pelaksanaanya dan semoga menjadi berkah dan keselamatan bagi kita semua,” ungkap Bupati. 

Turut berhadir Anggota DPRD, Sekretaris Daerah dan Kepala SKPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya, dengan dipadati ribuan masyarakat untuk mendengarkan tausiyah Guru Udin. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.