H Ibnu Sina Paparkan Keunggulan Banjarmasin Sebagai Kota Pariwisata Pada Menparekref

0

DIHADAPAN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI H Sandiaga Salahuddin Uno, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengikuti Audiensi Gubernur Kalimantan Selatan beserta Bupati/Walikota se-Kalimantan Selatan, di Aula Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF) Republik Indonesia, Rabu (18/5/2022).

H IBNU SINA menyampaikan, bahwa Kota Banjarmasin merupakan sebuah area MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions) yang sangat mendukung untuk menjadi tempat penyelenggaraan event-event berskala nasional.

“Kami tadi dari Kota Banjarmasin sudah menyampaikan bahwa kota ini adalah kota MICE, sehingga kemudian menjadi penghubung bagi destinasi-destinasi yang ada di Kalimantan Selatan, sekian banyak event yang ada di Kalsel pasti akan berkunjung ke Banjarmasin, karena infrastruktur pariwisata kita dan MICE kita yang sangat mendukung,” kata orang nomor satu di Kota Seribu Sungai tersebut.

BACA: Objek Wisata Kuin Kacil Suguhkan Suasana Pedesaan di Sudut Banjarmasin

Tak lupa, dalam kesempatan tersebut H Ibnu Sina mengusulkan agar kawasan wisata religi Kubah Basirih yang merupakan perwakilan Kalimantan Selatan dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Kemenparekraf RI bisa mendapat perhatian lebih, serta dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

“Dan kemudian yang kedua, kita mengusulkan juga agar kawasan wisata religi Kubah Basirih sebagai satu-satunya wakil Kalimantan Selatan yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia juga bisa menjadi perhatian terutama untuk pembangunan infrastruktur di bidang pariwisatanya, homestay, kemudian pengembangan wisata yang baik untuk ekonomi kreatif, UMKM nya dan event-event”, ucapnya.

H Ibnu Sina juga menyampaikan, bahwa Kota Banjarmasin telah memiliki tiga hal utama yang harus dimiliki sebuah daerah agar dapat menyelenggarakan event wisata. Yaitu accessibility, amenities dan attraction.

BACA JUGA: Punya Payung Hukum, Banjarmasin Ingin Jadi Pusat Wisata Halal di Indonesia

“Karena tiga hal yang harus ada dalam sebuah event wisata, yaitu accessibility, kemudian juga amenities nya sangat nyaman, kemudian attraction, atraksinya ada, seperti kesenian hadrah, kesenian madihin, bepantun, besyair dan lain sebagainya, bisa ditampilkan dalam kawasan yang menurut saya sangat mendukung perkembangan pariwisata Kota Banjarmasin,” ujarnya menegaskan.

Terakhir, ia berharap semoga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, H Sandiaga Salahuddin Uno dapat berkunjung langsung ke Kota Banjarmasin.

“Saya kira itu sudah kami sampaikan, mudah-mudahan Bang Sandi bisa hadir di Kota Banjarmasin dan kita bisa memanfaatkan kehadiran beliau untuk menggerakan ekonomi Kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.