Digagas Walikota, ATCS Banjarbaru Diaktifkan Guna Mengurangi Arus Kemacetan

0

AUTOMATIC Traffic Control System (ATCS) kini telah hadir di persimpangan dan ruas jalan utama Kota Banjarbaru. ATCS sendiri merupakan sistem pengendalian lalu lintas yang terintegrasi melalui suatu ruang kontrol.

HAL ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Banjarbaru, Marhain Rahman bahwa ATCS di Kota Idaman ini telah aktifkan sejak Jum’at (6/5/2022) lalu. Dan saat ini pihaknya masih terus memantapkan sistem tersebut agar nantinya dapat diresmikan langsung oleh Walikota.

“Sistem ATCS ini digagas secara langsung Walikota Banjarbaru untuk segera dipasang, saat ini masih memperbaiki segala kekurangan dari sistem tersebut, seperti sinyal,” kata Marhain kepada Jejakrekam.com.

Sementara ini, ATCS akan ditempatkan pada dua titik yakni trafic light jalan A.Yani Km. 33 dan trafic light depan Mako Brimob Polda Kalsel.

“Pemilihan dua lokasi ini berdasarkan kajian kami di dinas perhubungan. Kami menilai di persimpangan ini memiliki arus lalu lintas cukup padat,” tuturnya.

Pemantauan arus lalu lintas melalui sistem ATCS ini dipusatkan di kantor Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, tepatnya di ruang Command Center ATCS Kota Banjarbaru.

Marhain menyampaikan pengembangan ATCS di Kota Banjarbaru nantinya akan mengarah pada sistem E-TLE (Electronic Traffic Low Enforcement) dan akan terus dikembangkan selama beberapa waktu ke depan, hal-hal yang kurang akan terus dibenahi. Seperti halnya dilengkapi dengan sistem pengeras suara, sensor, dan sebagainya.

“Semoga dengan adanya ATCS ini,  lalu lintas di Banjarbaru lebih baik lagi dan tidak ada kemacetan panjang. Untuk masyarakat bisa lebih taat peraturan, dan tertib berlalu lintas,” pungkas Marhain.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.