Polda Kalsel Kenalkan Seragam Baru Satpam, Supaya Tak Terlalu Mirip Polisi

0

SEJAK awal tahun 2022 Polri sudah mengganti warna baju Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) yang awalnya berwarna cokelat menjadi krem. Seragam baru satpam sudah ditampilkan kepada publik saat HUT ke-41 Satpam di lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Rabu (2/1/2022).

POLRI mengganti warna seragam satpam tujuannya agar tidak terlalu mirip dengan polisi, sehingga membingungkan masyarakat.

Direktur Binmas Polda Kalsel, Kombes Pol Fadly Samad melalui Kasubditbin Satpam/Polsus, AKBP Matsari HS mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) untuk menyesuaikan warna baju satpam baru ini.

BACA JUGA: Atraksi Satpam Patahkan Besi Bikin Kapolda Kalsel Bangga

“Sekarang sedang berjalan, BUJP sudah mulai mengganti baju satpam dengan warna yang baru,” ucapnya, Selasa (10/5/2022).

Sebagai profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, seseorang yang berstatus sebagai anggota satpam tidak sembarangan. Mereka mengantongi sertifikat atau ijazah Gada Pratama yang artinya mereka lolos pendidikan dasar seorang satpam.

BACA JUGA: Pelaku Usaha Jasa Keamanan Diminta Perhatikan Kesejahteraan Satpam

Mereka dilatih untuk memiliki kemampuan pengamanan, cara bersikap, komunikasi dan pengetahuan secara umum, kedisiplinan tinggi serta rasa memiliki terhadap tempatnya mengabdi, bahkan memahami teknologi informasi.

Jika lolos pendidikan dan memiliki sertifikat Gada Pratama, baru lah seorang satpam bisa mengenakan seragam resmi. “Kalau kedapatan yang tidak bersertifikasi tapi mengenakan seragam satpam saat kami melakukan penertiban, maka yang bersangkutan akan kami lucuti,” tegas Matsari. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.