Festival Takbiran Semarakkan Harjad Kota Banjarbaru ke-23

0

SEMARAKKAN Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-23 sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H , Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru menyelenggarakan Festival Takbiran, di Panggung Jalan Husni Thamrin (Belakang MGR Banjarbaru) pada (1/5/2022) minggu malam.

FESTIVAL ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono. Festival tersebut diikuti sebanyak 12 grup takbiran yang terdiri dari beberapa perwakilan Kelurahan se-Kota Banjarbaru.

Wartono menjelaskan alasan dilaksanakannya Festival Takbiran tidak dilaksanakan berkeliling jalan dan dipusatkan di Minggu Raya ini, agar tidak terjadi kemacetan, dan dulunya pernah diadakan festival tanglong dengan cara pawai berkeliling jalan, banyak terjadi kerusakan fasilitas umum, sehinggal hasil evaluasi dari festival tersebut dipusatkan di satu tempat. Terlebih saat ini Kota Banjarbaru masih menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Yang pertama menghindari kemacetan, yang kedua evaluasi dulu pernah diadakan festival tanglong berkeliling itu maaf kadang merusak fasilitas umum, jadi dipusatkan di titik minggu raya sini,” katanya.

Orang nomor 2 di Kota Banjarbaru ini berharap, kedepannya peserta Festival Takbiran ini tidak hanya dari Banjarbaru saja, namun diikuti se-Kalimantan Selatan.

“Ini menjadi Kalender of Event Banjarbaru dan ke depannya (peserta) tidak dari Banjarbaru saja tapi se-Kalimantan Selatan di tahun berikutnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Takbiran Trihayat Ariwibowo menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Festival ini adalah sebagai wujud rasa syukur untuk mengumandangkan kebesaran Asmaul Husna Allah yang Maha Besar, serta menyemarakkan syiar hari raya Idul Fitri 1443 H.

Adapun dasar penilaian dari peserta Festival Takbiran ini meliputi Harmonisasi musik dan suara, kefasihan dan penguasaan takbir, kekompakan tim, sikap dan keserasian pakaian.

Dengan adanya festival ini, pemkot Banjarbaru berharap akan terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya dengan lebih semarak agar momen dihari Kemenangan lebih meriah, dan meningkatkan Perekonomian serta kunjungan wisatawan di Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.