Luncurkan Aplikasi si Balong, Kapolres Tabalong Jamin Layanan Publik Bisa Lebih Cepat

0

POLRES Tabalong kini punya aplikasi layanan publik berbasis teknologi digital. Namanya Sistem Informasi Bhayangkara Tabalong (Si Balong) yang diluncurkan di Aula Pendopo Bersinar Tanjung, Selasa (26/4/2022).

PELUNCURAN aplikasi itu merupakan inovasi Polres Tabalong agar mempermudah pelayanan publik yang disediakan institusi penegak hukum bagi masyarakat. Prosesi peluncuran ini ditandai dengan penempelan telapak tangan dilakukan Bupati Tabalong  H Anang Syakhfiani, Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin, Wakapolres Kompol Reza Bramantya bersama unsur Forkopimda lainnya.

Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin memastikan dengan diluncurkan aplikasi berbasis informasi teknologi (IT) yang bisa diakses publik maka bisa mempercepat pelayanan, informasi hingga peristiwa yang terjadi secara cepat dan akurat.

BACA : Beli Migor Murah Rp 20 Ribu, Operasi Pasar Murah di Polres Tabalong Disyaratkan Vaksin Booster

“Dalam aplikasi tersebut terdapat layanan seperti pembuatan SIM, SKCK, Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), izin keramaian, permintaan pengamanan hingga pelayanan pengaduan masyarakat,” kata perwira menengah Polda Kalsel ini.

Riza Muttaqin mengakui aplikasi yang diluncurkan memang belum jauh dari kata sempurna, sehingga ke depan akan dipantau dan dievaluasi. Termasuk, meminta saran dan masukan dari masyarakat.

“Ini semata-mata kami lakukan agar pelayanan terbaik hadir di tengah masyarakat. Ini sejalan dengan program dari Mabes Polri. Jadi, lewat aplikasi si Balong, dapat meringankan para pemohon dalam mengisi daftar pertanyaan hanya dari rumah, tak lagi harus ikut antrean,” papar Riza.

BACA JUGA : Layanan Publik Maksimal, Polres Tabalong Raih Nilai A- dari Kemenpan-RB

Demi menjamin pelayanan cepat dan akurat, Riza memastikan ada petugas di Polres Tabalong yang melayani ketika ada warga yang telah mengisi daftar pengisian. “Tinggal memperlihatkan hal itu kepada petugas, bisa lebih cepat prosesnya,” cetus Riza.

Apresiasi datang dari Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani. Menurut dia, inovasi yang telah dilakoi Polres Tabalong harus diapresiasi. Hanya saja, dia mengingatkan agar inovasi itu tak terhenti sampai pada peluncuran si Balong, tapi harus terus menerus demi mempermudah layanan publik.

BACA JUGA : Selama 2021, Kasus Narkoba dan Lakalantas yang Ditangani Polres Tabalong Meningkat

“Inovasi yang saya maksud adalah bagaimana caranya untuk mengubah hal yang lebih baik dibanding sebelumnya. Apalagi, saat ini kita sudah memasuki era teknologi yang telah berkembang cepat. Makanya, jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai,” imbuh Bupati Tabalong.

Dia berharap inovasi Polres Tabalong bisa diikuti instansi lainnya, karena kabupatennya merupakan pintu gerbang Kalsel yang dekat dengan Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kaltim.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.