Jelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemkot Banjarmasin Monitoring Ketersediaan Sembako

0

MENJELANG Lebaran Idul Fitri 1443 H, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan monitoring ke pasar tradisional dan pasar modern yang ada di Kota Banjarmasin, Selasa (26/4/2022).

DIDAMPINGI Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, beserta unsur Forkopimda Kota Banjarmasin, walikota mengunjungi pasar Pandu yang berada di Jalan Pandu, Kelurahan Kebun Bunga dan Hero Supermarket yang berada di KM 5,5 Banjarmasin.

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau pergerakan harga, stock, status kedaluwarsa produk dan situasi pasar menjelang hari raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.

BACA: Migor Curah Menghilang di Pasaran, Minyak Goreng Kemasan Sudah Tembus Rp 25 Ribu

Dari hasil monitoring, di pasar tradisional sebagian besar bahan pokok memang mengalami kenaikan harga, namun untuk jumlah stock terutama minyak goreng masih aman.

“Dari pantauan kami tadi, di pasar tradisional rata-rata memang ada kenaikan, kalau misalnya daging Rp 135 Ribu/kg jadi Rp 140 Ribu sampai Rp 150 Ribu/kg. Kemudian telur juga naik, kalau gula masih stabil. Untuk minyak goreng ketersediaannya sudah tidak ada masalah, harga juga masih stabil,” ujar H Ibnu Sina.

Walikota berharap tidak ada kelangkaan yang dapat menyebabkan masyarakat mengalami kendala dalam mencari sembako. “Kami berharap ini tidak terjadi kelangkaan, sehingga masyarakat yang ingin berlebaran tidak terkendala mencari-cari minyak goreng,” harap H Ibnu Sina.

BACA JUGA: Gelar Pasar Murah di Kecamatan Banjarmasin Utara, Minyak Goreng dan Gula Pasir Diburu Warga

Sementara, monitoring yang dilakukan di pasar modern, ketersediaan yang memadai dan tidak ada kenaikan harga dan terpantau stabil. “Kalau untuk di pasar modern, rata-rata memang stabil supply cukup, ketersediaan juga cukup, yang penting adalah tidak menaikan harga,” ucapnya di hadapan awak media.

H Ibnu Sina menginginkan suasana di Kota Banjarmasin aman, nyaman dan terkendali dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku saat bersilaturrahim. “Jadi intinya adalah kami ingin memastikan saja bahwa suasana Banjarmasin aman, terkendali, dan kemudian bahan baku juga tersedia,” harapnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dalam kesempatan ini, H Ibnu Sina juga mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah menggelar pasar murah di Kota Banjarmasin. “Kami juga berterima kasih karena banyak pihak yang sudah menggelar pasar murah, sehingga harga-harga bisa distabilkan secara perlahan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis humas-setda bjm
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.