Apindo Jamin UMKM Kalsel Bisa Tembus Ekspor ke Amerika Dalam 2 Bulan

0

ASOSIASI Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel menargetkan mampu mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidang Handycraft di Banua untuk bisa melakukan ekspor pada 2 bulan mendatang.

HAL itu diungkapkan Ketua Apindo Kalsel H Supriadi dalam kegiatan Apindo Workshop UMKM yang mengambil tema “Langkah dan strategi ekspor pelaku UMKM, dalam rangka membantu pemulihan ekonomi nasional di Kalsel” yang digelar, Senin (25/4/2022) di Swissbell Hotel Banjarmasin.

Kegiatan ini sendiri dapat terlaksana berkat dukungan penuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpW BI) Provinsi Kalsel, Bank Kalsel dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

BACA : Ketua Apindo Kalsel Promosikan Sasirangan Di Amerika Serikat

“Kita sudah melakukan beberapa kerjasama dengan mitra kerja yang ada di Amerika untuk membeli produk UMKM khas Kalsel, khususnya kain sasirangan. Jadi kalau semua peserta mau belajar sungguh-sungguh hari ini, kita pastikan 2 bulan ke depan mereka sudah bisa ekspor kesana,” tegas H Supriadi.

Baginya produk UMKM khas Kalsel punya potensi besar untuk ekspor, namun sayang kurangnya pengetahuan dan jaringan membuat banyak produk lokal pasarnya jadi terbatas di tingkat regional saja.

“Makanya hari ini kita datangkan langsung trainernya dari Jakarta yang sudah banyak berkecimpung dalam bisnis ekspor. Tujuannya agar peserta bisa belajar dan langsung praktek setelah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan H Sunardi mengatakan, setelah selesai kegiatan workshop nantinya para pelaku UMKM lokal ini akan langsung dibina oleh Apindo Kalsel agar produknya bisa di ekspor ke berbagai negara.

BACA JUGA :  Apindo Kalsel Ajak Pengusaha Ringankan Beban Pekerja Dengan Membayar THR

Dengan jaringan ekspor yang sudah dijajaki Apindo Kalsel di Amerika sebelumnya, dirinya pun optimis pelaku UMKM yang dibina pihaknya bisa segera melakukan ekspor. Apalagi dilihatnya produk yang diolah sudah memiliki kualitas yang mumpuni untuk ekspor.

“Ke depan workshop semacam ini akan kita gelar secara rutin dengan tema-tema lainnya. Ini merupakan cara kita untuk bisa membina UMKM lokal di masa Pandemi Covid-19,” tambah Pengusaha dibidang konstruksi ini.

Dilain pihak, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengapresiasi adanya kegiatan workshop bertema ekspor yang digelar oleh APINDO Kalsel.

Baginya hal ini sangat membantu para UMKM di Kota Banjarmasin yang sedang banyak dibina dan dicetak oleh Pemko Banjarmasin melalui program inkubasi bisnis.

“Semoga kita bisa terus berkolaborasi, saat ini untuk Pemko Banjarmasin sendiri sudah bisa mencetak 3.000 wirausaha baru di Kota Seribu Sungai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.