Istri Sekda Jadi Ketua Forum PUSPA Banjarmasin, Walikota Ingatkan Perjuangan Emansipasi Kartini

0

WALIKOTA Ibnu Sina mengukuhkan Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kota Banjarmasin periode 2022-2024 di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Kamis (21/4/2022).

BERTEPATAN dengan Hari Kartini, Ketua Forum PUSPA Kota Banjarmasin Rusdianti dan jajaran pengurusnya dilantik dan dikukuhkan Walikota Ibnu Sina. Mereka diminta untuk segera menyusun program kerja terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berdasar Surat Keputusan (SK) Walikota Banjarmasin Nomor 33 Tahun 2022.

Walikota Ibnu Sina tak sendiri saat pengukuhan. Ia didampingi Wakil Walikota Arifin Noor, Sekretaris Daerah Ikhsan Budiman dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah serta pejabat Forkopimda Banjarmasin.

Usai melantik Forum PUSPA Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengingatkan semangat perjuangan dari sosok Kartini yang dikenal dengan gerakan emansipasinya.

BACA : Sejahterakan Perempuan dan Anak, Forum PUSPA Banjarbaru Resmi Dilantik

“Seorang perempuan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itulah juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan,” ucap Ibnu Sina.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini mengatakan dirinya percaya bahwa pengurus PUSPA Banjarmasin akan bisa melaksanakan tugas pengabdian dan penuh rasa tanggung jawab.

Usai dilantik dan dikukuhkan, Ketua Forum PUSpA Kota Banjarmasin Rusdianti memastikan ke depan organisasinya akan segera menyusun program kerja terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

BACA JUGA : Kuasai Penghematan Energi Di Lingkungan Perkantoran, Pemprov Kalsel Terima Subroto Award 2021

Rusdianti yang juga Ketua DWP Kota Banjarmasin ini juga menyambut tantangan yang disampaikan Walikota Ibnu Sina. Ini demi menciptakan suasana aman dan bahagia bagi perempuan dan anak-anak di Banjarmasin.

Senada itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah juga menekankan terbentuknya Forum PUSPA bisa terinspirasi dari perjuangan pahlawan nasional Kartini, demi mewujudkan kesejahteraan keluarga.

BACA JUGA : Tiru Konsep Masjid Friendly, Sudah Saatnya Masjid-Masjid Ramah Dibuka di Banjarmasin

Menurut Wasilah, Forum PUSPA Banjarmasin juga bisa berkolaborasi dengan PKK  yang bergerak dalam menyejahterakan ibu dan anak. Bahkan, bisa memperkuat ikhtiar PKK serta Gabungan Organisasi Wanita dalam meningkatkan kualitas wanita di Banjarmasin.

Dalam kegiatan itu juga dirangkai dengan penyerahan bunga dari Walikota Banjarmasin,H Ibnu Sina kepada Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah. Dilanjutkan, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor kepada Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti, dan dari Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada Rusdiati, istrinya yang baru dilantik sebagai ketua forum.

BACA JUGA : Raih Kota Ramah Sepeda, Pengamat Uniska : Menata Banjarmasin Tak Bisa Hanya Sekadar Hobi Walikota

Kemudian, penyerahan bunga juga diikuti oleh seluruh pimpinan SKPD dan Forkopimda yang hadir untuk diberikan kepada istri atau pasangannya masing-masing, sebagai bentuk penghargaan terhadap perempuan dalam memperingati Hari Kartini tahun 2022.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.