Dukung Program Pusat, Ketua PWNU Kalsel Pastikan Vaksin Tak Batalkan Puasa

0

PENGURUS wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan menggandeng Polda Kalsel dalam program sejuta vaksin Booster yang dicanangkan PBNU terhitung sejak Kamis, 21 April 2022.

DI Kalimantan Selatan, PCNU di seluruh kabupaten/kota secara serentak melaksanakan dengan masing-masing jumlah target dosis yang nantinya secara akumulatif akan menjadi bagian dari target 1 juta dosis,” kata Abdul Hasib Salim Ketua Tanfidziyah PWNU Kalsel dalam siaran pers yang diterima, Jum’at (22/4/2022).

BACA JUGA: Diikuti Ratusan Warga, PWNU Dan Polda Kalsel Helat Vaksinasi Massal

Dia menuturkan berdasarkan hasil Bahtsul Masail PBNU memperbolehkan bervaksin sekalipun saat kondisi berpuasa. Selain secara hukum tidak membatalkan puasa, vaksin juga sangat bernilai positif demi menjaga kebaikan sesama.

“Memelihara jiwa (hifdzun nafs) merupakan satu dari lima tujuan pokok hukum Islam yang harus dijaga keberlangsungannya oleh umat Islam. Mari kita bervaksin, tidak perlu ragu,” kata Abdul Hasib Salim.

BACA JUGA: Ratusan Warga Ramai-ramai Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Universitas NU Kalsel

Sekretaris Tanfidziyah PWNU Kalsel Berry Nahdian Forqan berkata gerakan 1 Juta Vaksin Booster Jelang Idul Fitri merupakan buah dari kerja sama PBNU, Polri dan Kementerian Agama. Hal ini merupakan i’tikad yang sangat baik untuk kemaslahatan ummat. “Kita perlu dukung dan sukseskan, pada semua tingkatan level kepengurusan; baik PW, PC, MWC serta Ranting NU,” kata Berry.

Dia mengimbau kepada seluruh warga Nahdliyin untuk menyukseskan agenda baik ini. Pesantren, rumah ibadah atau pun kantor NU setiap kabupaten dan kota dapat menjadi pilihan tempat guna pelaksanaan vaksinasi secara serentak.

“Mari kita maksimalkan kesempatan baik ini, untuk bersama-sama menjadi aktor pemulihan pada dunia kesehatan agar kembali dapat beraktivitas secara normal,” pungkas Berry. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.