Paling Lambat 2023, Komisi V DPR RI Minta Jembatan Kembar Paringin Segera Direalisasikan

0

KABUPATEN Balangan menjadi salah satu titik yang disinggahi rombongan Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja (kunker) dalam rangka reses masa sidang IV tahun 2021-2022 ke Kalimantan Selatan.

PADA kunker Komisi V DPR RI yang dipimpin H Syaifullah Tamliha selaku Wakil Ketua Komisi V, langsung mengecek kemajuan pembangunan jalan dan jembatan kembar di Kecamatan Paringin, Balangan, Senin (18/4/2022).

Rombongan didampingi pihak Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar serta Bupati Balangan, Abdul Hadi.

“Sudah selayaknya jalan dan jembatan kembar dibangun di Paringin. Ini demi mengurangi beban Jembatan Paringin yang sempat rusak beberapa waktu lalu,” kata Waki Ketua Komisi V DPR RI, H Syaifullah Tamliha.

BACA : Proyek Jembatan Paringin Molor Picu Kerusakaan Jalan di Balangan Makin Parah

Menurut dia, jalur Paringin merupakan poros utama penghubung Kalsel dengan dua tetangganya; Provinsi Kaltim dan Kalteng. “Jalur ini merupakan poros utama menuju ke kawasan Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Penajam dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur,” kata Syaifullah.

Mantan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP ini mengatakan dengan dibangunnya jembatan kembar, maka arus transportasi menjadi lebih lancar. Bahkan, bisa menciptakan kenyamanan bagi pengguna jalan dan warga sekitar dalam beraktivitas kesehariannya. “Kami sangat mendukung untuk segera dibangun jembatan kembar di Paringin,” kata Syaifullah.

BACA JUGA : Dukung IKN Nusantara, Syaifullah Tamliha Usul Bandara Internasional di Kambitin Tanjung

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini mengatakan dirinya sudah menyampaikan usulan itu kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam setiap kali rapat kerja (raker) maupun pertemuan lainnya.

“Paling lambat, tahun depan sudah mulai direalisasikan. Apalagi, usulan ini juga mendapat dukungan dari rekan-rekan di Komisi V DPR RI,” tegas Ketua DPP PPP Bidang OKK ini.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalsel, Syauqi Kamal mengakuri jika usulan pembangunan jembatan kembar sudah dicanangkan pada dua tahun lalu.

BACA JUGA : Jabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syaifullah Tamliha Janji Perjuangkan Kue Pembangunan Kalsel

“Namun karena berbagai macam kendala salah satunya faktor pandemi Covid-19, sehingga ada refocusing anggaran, maka realisasinya tertunda,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Balangan Abdul Hadi juga mengharapkan agar pelebaran jalan plus pembangunan jembatan kembar di Paringin bisa segera terwujud.

“Kami mohon dukungan dari Komisi V DPR RI agar mengawal pembangunan jalan dan jembatan kembar di Paringin bisa terealisasi dalam waktu dekat,” imbuh Wakil Ketua DPW PPP Kalsel ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:komisi V DPR RI dukung pembangunan jembatan kembar
Penulis Gian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.