Tinggal Dipilih dan Dilantik, 14 Pejabat Teras Balai Kota Sudah Dikantongi Walikota Ibnu Sina

0

SEBANYAK 14 pejabat teras yang akan mengisi posisi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) yang telah lelang Pemkot Banjarmasin, segera ditentukan. Dipastikan satu nama telah dikantongi Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

INFORMASINYA, nama pejabat yang akan dipilih Walikota Ibnu Sina sudah dipilih untuk segera dilantik sebagai pejabat definitif. Saat ini, ada tiga nama yang telah direkomendasikan Panitia Seleksi JPTP Pemkot Banjarmasin yang diketuai Ikhsan Budiman sekaligus Sekda Kota Banjarmasin.

Apalagi, dari 14 jabatan yang lowong di Pemkot Banjarmasin telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Siapa saja yang akan mengisi kepala dinas, badan hingga staf ahli Walikota Banjarmasin? Sekda Ikhsan Budiman membocorkan bahwa sudah ada satu nama dari 14 jabatan lowong itu akan dipilih Walikota Ibnu Sina.

BACA : Ini 3 Nama Kandidat Pejabat 14 SKPD Lowong Pemkot Banjarmasin, 1 Pelamar Lirik 2 Jabatan

“Dari tiga besar nama calon pejabat yang mengisi JPTP memang sudah mendapat rekomendasi dari KASN. Jadi, tinggal satu nama yang akan dipilih Pak Walikota,” ucap Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman kepada jejakrekam.com, Minggu (17/4/2022).

Menurut dia, 14 jabatan yang sudah cukup lama lowong itu pun akan segera diisi pejabat berkompeten. “Pelantikan akan segera dilakukan setelah satu dari tiga nama yang direkomendasikan pansel itu dipilih oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam hal ini Walikota Banjarmasin,” kata Ikhsan Budiman.

BACA JUGA: Ini 54 ASN yang Lulus Administri Seleksi Terbuka 14 JPT Lowong di Pemkot Banjarmasin

Mantan Kepala Inspektorat Pemkab Tanah Bumbu ini menegaskan dari tiga nama itu kansnya untuk dipilih sebagai pejabat definitif masih sama-sama kuat. Semua masih berpotensi dari tiga nama di masing-masing 14 SKPD yang lowong. Tentu saja, dari tiga nama, hanya satu yang dipilih. Sebab, itu merupakan hak prerogatif seorang kepala daerah,” tegas Ikhsan Budiman.

Ia hakkul yakin dari tiga nama yang masing-masing diunggulkan dalam hasil seleksi atau lelang jabatan dari pansel memiliki kemampuan, kompetensi serta terbaik dari seluruh para pelamar yang ada.

BACA JUGA : 12 Pejabat Banjarmasin Dilantik Isi Kursi Kosong Kepala SKPD, Walikota: Mudah-mudahan Gaspol

“Seluruh kandidat itu tentu berpeluang sama. Makanya, saya minta masyarakat tetap bersabar dan tidak termakan isu-isu yang memecah belah pegawai. Sebab, setiap tahapan proses seleksi sudah dilalui dengan terbuka dan transparan,” tegas Ikhsan.

Bagi dia, semua proses dilakukan secara adil dan tidak bertentangan aturan nilai peserta lelang jabatan. “Jadi, silakan publik yang menilai siapa yang nanti akan dilantik. Namun, dari tiga nama besar yang telah diumumkan, tentu hanya satu nama yang akan dipilih dan dilantik walikota,” tegas Ikhsan lagi.

BACA JUGA : Terbelit Korupsi Terminal Km 6, Kepala Kesbangpol Banjarmasin Dijebloskan Ke Lapas Teluk Dalam

Semua ditegaskan Ikhsan lagi, berada di tangan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai pemilik hak prerogatif dalam membentuk ‘kabinet’ pemerintahannya di Balai Kota.

“Jadi, jika nanti ada 14 pejabat yang dipilih dan dilantik, jelas yang berpotensi terpilih adalah sesuai latar belakang dan analisis keterpilihan kandidat tersebut,” imbuh Ikhsan.

BACA JUGA : Dipegang Plt, Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin Nilai Kinerja Pemkot Terkesan Amburadul

Untuk diketahui, saat ini di Pemkot Banjarmasin, ada 3 nama kandidat masing-masing yang bertarung memperebutkan 14 jabatan lowong. Yakni, Staf Walikota Banjarmasin Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin, Kepala Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barelitbangda) Kota Banjarmasin : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina target Visi Banjarmasin Baiman Lebih Bermartabat Tuntas pada 2024

Kemudian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin,  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.