Keren! Mahasiswa Kalsel di UMY Bikin Pemanas Makanan Trolly Berbasis Arduino Uno

0

ADA yang membanggakan dari sosok Ichlasul Akmal. Mahasiswa Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) jurusan elektromedik asal Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil membuat penemuan yang bermanfaat bagi dunia medis.

PENEMUAN yang dilakukan Ichlasul Akmal adalah membikin pemanas makanan trolly berbasis Arduino Uno. Inovasi teknologi untuk bidang kesehatan ini merupakan hasil penelitian tugas akhir Akmal.

Di mana,  bentuk trolly konvensional yang terbuka membuat trolly tersebut memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya suhu panas yang mudah menurun sehingga makanan menjadi cepat dingin. Kondisi makanan yang dingin dapat mengakitbatkan pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diinginkan. Selain itu, trolly dengan bentuk terbuka juga jadi masalah karena mudahnya makanan terkontaminasi.

BACA : Dirancang Dua Bulan, Robot Pangeran Antasari Siap Digeber Bantu Pelayanan Pasien Covid-19

Nah, food warmer trolly berbasis arduino uno merupakan alat pemanas yang memiliki bentuk tertutup. Bahkan, ada pengatur suhu sehingga dapat menjaga kestabilan suhu di dalamnya.

“Alat ini memiliki beberapa keunggulan yakni bentuknya yang tertutup menjadikan alat pemanas ini lebih higienies,” ucap Akmal dalam keterangannya, Jumat (16/4/2022).

BACA JUGA : Cenari Impikan Rumah Makan Ada Pelayan Robot di Banjarmasin

Apalagi, menurut mahasiswa asal Amuntai ini, sistem pemanas yang berbasis arduino membuat alat ini dapat menjaga kestabilan suhu sehingga lebih effisien dibanding alat pemanas konvensional.

Dua pembimbing Akmal, Meilia Safitri (pembimbing tugas akhir) dan Muhammad Irfan (pembimbing teknis) RS PKU Gamping merasa bangga atas temuan anak bimbinganya. Mereka merasa temuan anak bimbingnya bisa memberikan dampak yang bagus, khususnya bisa dimanfaatkan fasilitas kesehatan.

BACA JUGA : Geliat Jual Beli Perkakas Radio Amatir, Bertahan di Tengah Canggihnya Zaman

“Saya berharap penilitian ini dapat digunakan di rumah sakit atau instansi sejenisnya. Saya berharap Akmal juga terus melanjutkan hasil temuannya,” ucap Meilia Safitri.

Akmal pun mengatakan dengan temuan itu bisa berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat, khususnya instansi kesehatan. Dirinya berharap temuannya ini akan menjadi lebih baik dengan bersama berkontribusi dalam temuan yang diciptakannya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.