Tingkatkan Kekebalan dengan Vaksinasi, Wabup Tabalong Targetkan 70 Persen untuk Dosis Kedua

0

DALAM dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Tabalong berjuang keras, berupaya membentengi masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksinasi.

HAL tersebut disampaikan Wakil Bupati Tabalong, H Mawardi saat kegiatan Safari Percepatan Vaksinasi Forkopimda Kabupaten Tabalong di  Masjid Nurul  Yaqin Desa Sei Rukam I, Kecamatan Pugaan, Kamis (14/5/2022).

“Oleh karena itu berbagai kegiatan aktivitas kita sebagai warga masyarakat juga dibatasi, yang dahulu orang pakai masker di Mekkah dan di Madinah, sekarang ditempat kita sudah diwajibkan pakai masker setiap hari,” ujarnya.

Pertengahan tahun 2021, katanya, banyak masyarakat di Tabalong yang terpapar Covid-19 varian Delta sehingga pihaknya terus menggencarkan pelaksaan vaksinasi.

“Alhamdulillah setelah vaksinasi mulai digencarkan pemerintah hingga saat ini untuk Kecamatan Pugaan tidak ada terkonfirmasi postif ataupun yang meninggal dunia,” katanya.

Diharapkannya, dukungan warga dan petugas vaksinasi baik dari TNI-Polri maupun tiga pilar kecamatan agar selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya bervaksin.

“Untuk saat ini kita menargetkan untuk cakupan vaksinasi dosis kedua kabupaten harus mencapai 70 persen, karena capaian dosis kedua masuh berada 65 persen, dan hal ini agar PPKM bisa turun ke level 1 sehingga aktifitas kegiatan masyarakat dapat secara maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Camat Pugaan mengatakan, dari awal hingga saat ini hanya 39 orang yang terpapar Covid-19 dan kasus meninggal belum ada.

“Semuanya sudah pulih atau kembali sehat, dan sekarang kasusnya nol di Pugaan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, cakupan vaksinasi di Kecamatan Pugaan untuk masyarakat umum, dosis pertama 90,02 persen, dosis kedua 68,02 persen, lansia dosis pertama 56,6 persen, dosis kedua 19,8 persen dan dosis ketiga 0,4 persen .

Sedangkan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun, dosis pertama 28,5 persen dan dosis kedua 5,58 persen.

“Dan kami akan menargetkan hingga akhir Ramadhan cakupan dosis kedua akan kita capai, dan hal ini kami juga perlu dukungan kawan-kawan aparat kecamatan, petugas Puskesmas, rekan TNI-Polri serta aparat desa di Pugaan,” ungkapnya.

Dengan ikhtiar tersebut, harapnya, dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dan terhindar dari wabah Covid-19. “Hal  ini tentunya dengan melakukan vaksinasi dan juga menerapkan protokol kesehatan ketika beraktifitas,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.