Jelang Buka Puasa, 3 Rumah di Kelayan B Dilaporkan Hangus Terbakar

0

JELANG buka puasa, warga Kelayan dikejutkan dengan asap mengepul di atas rumah warga. Dalam kejadian kebakaran ini sedikitnya tiga rumah hangus terbakar pada Jumat (15/4/2022) sekira pukul 17.00 Wita.

SUASANA kebakaran cukup mencekam. Ini setelah, tiang listrik dipukul warga nyaring berbunyi, asap pun mulai membumbung tinggi. Puluhan armada pemadam kebakaran berdatangan menuju ke lokasi kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Kelayan B, Haur Kuning, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan.

Asap dari api yang membakar rumah penduduk itu pun sempat memenuhi ruas jalan. Puluhan armada damkar yang diturunkan warga dan Pemkot Banjarmasin mengepung titik api yang terus menjalar ke atap rumah warga.

BACA : Kebakaran di Cempaka Besar Banjarmasin, Api Lumat Sebagian Bangunan Sekolah Modern

Meski air tersedia cukup melimpah sebagai amunisi untuk memadam api, beberapa petugas damkar terpaksa menggunakan air bercampur lumpur yang disemprotkan ke rumah yang terbakar.

Tak kurang dari satu jam, kobaran api berhasil sepenuhnya dikuasai petugas damkar. Proses pembasahan pun dilakukan. Sementara, petugas kepolisian dari Polsek Banjarmasin Selatan dan Polresta Banjarmasin langsung mengamankan lokasi kejadian perkara. Diduga api yang membakar tiga rumah disebabkan arus pendek listrik (korsleting).

BACA JUGA : Cegah Kebakaran, Jaringan Listrik Bangunan Pun Dapat Diaudit

Relawan Rescue 911 Banjarmasin, Nazir mengatakan lokasi kebakaran berada di Jalan Kelayan B Gang Kelayan Kecil RT 14 Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Timur.

“Dari data sementara, ada tiga rumah yang hangus terbakar. Di mana, satu rumah dilaporkan mengalami rusak berat. Sedangkan, dua rumah lainnya dalam kondisi rusak ringan akibat kebakaran ini,” ucap Nazir kepada jejakrekam.com, Jumat (15/4/2022).

Menurut dia, dari data sementara pemilik tiga rumah terbakar itu adalah Abuk, Suriansyah dan Masykur yang dihuni sedikitnya 9 jiwa.

“Dari tingkat kerusakan, kerugian material akibat kebakaran ini ditaksir ratusan juta. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ucap Nazir.

BACA JUGA : 2021 Tercatat 53 Kasus Kebakaran, Pakar Kota ULM : Bukti Banjarmasin Tak Aman dan Layak

Maimunnah, korban terdampak kebakaran di Kelayan ini mengaku baru tahu api berkobar saat hendak berbuka puasa. Dia menceritakan dirinya mencium bau asap menyengat seperti benda terbakar. Setelah dirinya menengok ke belakang rumah, ternyata rumah tetangga yang terbakar.

“Saya langsung bangunkan anak yang tengah tidur. Kami berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” kata Maimunnah, yang turut menjadi korban terdampak kebakaran.

BACA JUGA : 1 Rumah Terbakar di Hikmah Banua, 2 Pemotor Ditabrak Armada BPK di Jalan Veteran

Dia mengakui kondisi angin yang bertiup kencang membuat api cepat berkobar hebat, hingga menyambar sedikitnya tiga rumah berbahan kayu. “Saat kebakaran, kami hanya bisa menyelamatkan sedikit barang berharga. Ya, karena dalam keadaan panik,” kata Maimunnah.

Gara-gara kebakaran, pemukiman kampung terdapat di Banjarmasin ini pun sempat mengalami kemacetan parah. Saking tingginya api, petugas damkar terpaksa menaiki atap rumah warga untuk mendapat akses mudah memadamkan api. Usai rumah yang terbakar berhasil dipadamkan, warga yang sempat berlarian bisa kembali ke rumah masing-masing.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.