Kodim 1003/HSS Wujudkan 2 Desa Jadi Kampung Pancasila

0

DALAM rangka mengamalkan sila-sila Pancasila, sekaligus merajut kebhinekaan mulai dari tingkat bawah hingga ke tingkat atas, jajaran Kodim 1003/HSS telah melaunching Kampung Pancasila.

KAMPUNG Pancasila sebagai wilayah percontohan implementasi Pancasila, menjadikan dua desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) model kebhinekaan dan toleransi. Seperti yang dilakukan di Desa Tibung Raya, Kecamatan Kandangan, adalah desa yang dipilih menjadi Kampung Pancasila ini, Rabu (13/04/2022).

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 1003/HSS Letkol Inf Nurliwidie Nurdin Kanan mengatakan, dibentuknya Kampung Pancasila ini diharapkan bisa menjadi contoh implementasi wawasan dari 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

BACA: Desa Masingai II Kecamatan Upau Resmi Ditetapkan Jadi Kampung Pancasila

“Karena pancasila mempunyai nilai nilai luhur bagi bangsa Indonesia, dan nilai-nilai luhur tersebut harus berkembang menjadi dasar karakter masyarakat Indonesia,” ujar Letkol Inf Nurliwidie Nurdin Kanan.

Dandim 1003/HSS juga menambahkan, setiap Kabupaten telah diperintahkan untuk dibentuk Kampung Pancasila, dan hari ini Kamis (14/04/2022) Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado akan menyusul jadi Kampung Pancasila.

“Untuk di HSS khususnya, dari Kodim 1003/HSS telah membentuk dua Kampung Pancasila, yaitu Desa Tibung Raya dan Desa Hulu Banyu. Hal itu dikarenakan dua desa ini memiliki beberapa suku, adat dan budaya dan agama,” tuturnya.

Sementara, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kodim 1003/HSS. Dengan adanya Kampung Pancasila ini akan lebih memudahkan pihaknya dalam membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan perbedaan pendapat, serta hal lainnya yang berkaitan dengan ragam perbedaan, dengan cara penyelesaian sesuai dengan isi dari Pancasila yaitu musyawarah.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.