Mappanreritasi Tahun 2022 Resmi Digelar Usai Dbuka Bupati Abah HM Zairullah Azhar

0

SETELAH dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi, event budaya tahunan Mappanre Ri Tasi Tahun 2022 dimulai secara resmi oleh Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar, Selasa (13/4/2022) di panggung utama Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

TEMA yang diusung “Wujudkan Tanah Bumbu Sebagai Serambi Madinah Melalui Warisan Kearifan Lokal”.

Ketua Lembaga Ade Ogi Fawahisah Mahabbatan mengatakan, salah satu kearifan lokal yang dilakukan adalah dengan membangun stan di lokasi kegiatan dengan menggunkan atap daun nipah. Selain itu, proses pembangunan kios serta berbagai kegiatan lainnya juga dengan memberdayakan penduduk di sekitar lokasi kegiatan.

BACA: Padukan Nilai Islami, Tradisi Mappanretasi Bugis Pagatan Makin Semarak

Abah Zairullah dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah salah satu yang menjadi daya tarik bagi pengunjung dari berbagai wilayah untuk mendatangi Bumi Bersujud. Kunjungan itu, jelasnya, akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat disana. “Pasti akan terjadi perputaran ekonomi yang tinggi selama event budaya itu berlangsung,” ujarnya.

Kemudian Abah Zairullah juga memeberikan penghargaan kepada panitia dengan melibatkan warga lokal dalam berbagai kegiatan Mappanre Ri Tasi itu. Forkopimda Tanah Bumbu, Anggota DPRD Kalsel, Anggota DPRD Tanah Bumbu, pejabat SKPD, para tokoh agama, masyarakat dan adat serta masyarakat Kecamatan Kusan Hilir hadir dalam acara tersebut. (jejakrekam)

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.