Diresmikan Bupati Zairullah Azhar, Tanah Bumbu Kini Punya Kampung Pancasila

0

Lantaran dihuni oleh masyarakat yang beragam latar belakang agama dan etnis, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu meresmikan Kampung Pancasila yang lokasinya di Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, Selasa (12/4/2022).

PERESMIAN ini langsung dihadiri oleh Bupati Tanbu, Dandim 1022/TNB, Kapolres Tanbu, Kejari Tanbu beserta jajarannya. Mereka tiba di lokasi yang berada di RT 11 dan disambut ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menenggah Umum (SMU) Desa Manunggal.

“Kabupaten kita ini merupakan daerah heterogen. Yang isinya berbagai macam suku, agama dan keanekaragaman yang ada di dalamnya. Peran serta Kampung Pancasila cukup dominan sebagai cermin daripada perbedaan itu, ” ujar Zairullah Azhar.

Lebih lanjut, dia berharap juga menyiapkan diri dalam rangka menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang diproyeksikan berada di Penajam Pasir Utara (PSU), Kalimantan Timur.

“Tanah Bumbu memiliki letak geografis yang sangat strategis pada IKN Nusantara. oleh sebab itu, “Mari sesegara mungkin kita mempersiapkan diri di segala aspek, ” kata Zairullah.

Pencetus Kampung Pancasila itu adalah Mabes TNI dalam hal ini Kodim 1022/TNB, kemudian pada peresmian Kampung Pancasila tersebut dihadiri oleh Bupati Tanbu, Dandim 1022/TNB, Kapolres Tanbu, Kejari dan Ketua Persit KCK Koorcab XLlX Dim 1022.

Perlu diketahui, Kampung Pancasila merupakan julukan desa yang dijadikan sebagai penerapan nilai-nilai Pancasila. Sebutan Kampung Pancasila disematkan kepada Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang oleh Kodim 1022/TNB. (jejakrekam)

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.