Husairi Abdi

Bupati Barito Utara Sampaikan daftar Prioritas Pembangunan Pada Musrenbang RKPD Provinsi Kalteng

0

KETERBATASAN anggaran milik Pemerintah Kabupaten Barito Utara, membuat Bupati H Nadalsyah menyusun prioritas pembangunan Kabupaten Barito Utara.

USULAN terdiri dari berbagai prioritas dari dinas instansi, dan disampaikan pada acara Musrenbang RKPD Provinsi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (7/4/2022).

Musrenbang RKPD Tahun 2023 Provinsi Kalteng dihadiri secara langsung oleh Pj Sekda Prov Kalteng, Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Bupati/Walikota dan Kepala Bappeda se-Kalteng. Sementara Gubernur Kalteng membuka Musrenbang sendiri secara virtual dan dihadiri juga secara virtual oleh Plt Deputi Bid Kemaritiman dan SDA Bappenas, dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu.

BACA: Bupati Barito Utara Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Tengah

Usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara diantaranya adalah dari PUPR, yakni pembangunan Jembatan Lemo Seberang dan Sikan Tumpung Laung, penyelesaian Wing B RSUD Muara Teweh, peningkatan jalan Km 34 Simpang Benangin, pembangunan jembatan penghubung bangunan utama RSUD Muara Teweh dengan Rusanawa dan ruang isolasi, serta pengerukan Bendungan Trinsing.

Selain itu, dari Dinas Pertanian diusulkan bantuan penyediaan benih dan sarana produksi komoditas pertanian dan bibit ternak, perbaikan infrastruktur lahan pertanian, penyediaan pupuk subsidi, alat dan mesin pertanian.

Dari Dinas Kesehatan diusulkan pembangunan puskesmas di beberapa kecamatan, penyediaan alat kesehatan pada RSUD Muara Teweh, penambahan dokter spesialis, ditambah usulan prioritas dari Dinas Pendidikan dan dinas lainnya.

BACA JUGA: Hebat, Musrebang Kalimantan Tengah Dihadiri Dua Menteri

Bupati Barito H Nadalsyah mengharapkan agar usulan prioritas tersebut dapat diakomodir oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui dana APBN.

Sebab kata dia, bila mengharapkan dana APBD Pemkab Barito Utara, prioritas pembangunan tersebut tidak dapat dikerjakan semuanya. Terlebih untuk pembangunan Jembatan Lemo Seberang dan Sikan Tumpung Laung serta Wing B RSUD Muara Teweh.

“Kita berdoa bersama, semoga usulan kita dapat diakomodir oleh Pemprov Kalteng,” tutup H Nadalsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.