Husairi Abdi

Pengganti Ketua Gerinda Kalsel Digodok DPP, PAW Muhammad Nur Dipastikan Difriadi Darjat

0

SIAPA yang akan mengisi jabatan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Kalsel pasca wafatnya H Abidin HK pada Rabu (16/3/2022), kini sudah digodok DPP Partai Gerindra.

SAAT ini berhembus kabar jika Wakil Ketua DPRD Kalsel dari Fraksi Gerindra, Hj Mariana disebut-sebut akan menggantikan posisi sang ayah sebagai ketua partai besutan Prabowo Subianto.

“Soal pengganti Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel saat ini masih dibahas di DPP Partai Gerindra. Kami hanya menunggu keputusan resmi dari partai,” ucap Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel Ilham Nor kepada jejakrekam.com, Jumat (8/4/2022).

Menurut dia, seluruh kader dan pengurus Partai Gerindra Kalsel diminta untuk menunggu keputusan resmi dari pusat. Apalagi, direncanakan Sekjen DPP Partai Gerindra H Ahmad Muzani akan hadir dalam peringatan hari ke-25 (Manyalawi Hari) di kediaman almarhum H Abidin HH di Banjarmasin pada Minggu (10/4/2022) sore.

BACA : Azan Maghrib Berkumandang, Anggota DPR Muhammad Nur Meninggal Dunia Susul Sang Ayah H Abidin

“Rencananya, Pak Sekjen Gerindra akan hadir di Banjarmasin. Jadi silakan saja konfirmasi masalah tersebut kepada beliau,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Lantas siapa yang akan menjadi pengganti antar waktu (PAW) usai wafatnya anggota Komisi X DPR RI Muhammad Nur pada Senin (21/3/2022)? Menurut Ilham Nor, berdasar daftar calon legislatif tetap (DCT) Partai Gerindra untuk Pemilu 2019 di daerah pemilihan (dapil) Kalsel 2 (Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru), karena posisnya berada di bawah almarhum Muhammad Nur.

“Ya, berdasar DCT Pemilu 2019 dari Partai Gerindra di dapil Kalsel 2, calon PAW almarhum Muhammad Nur adalah Pak Difriadi Darjat. Saat ini, DPP Partai Gerindra sudah mengontak Pak Difriadi, untuk menyiapkan berkas PAW yang akan diserahkan ke Sekjen DPR RI,” kata Ilham Nor.

BACA JUGA : Sempat Kritis, Tokoh Banua Kalsel H Abidin Tutup Usia

Mantan calon Wakil Walikota Banjarmasin pendampingi Abdul Haris Makkie dalam Pilwali 2020 lalu mengatakan Difriadi Darjat merupakan mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu.

“Pak Difriadi Darjat memang belum pernah duduk sebagai anggota DPR RI. Terakhir jabatan adalah Wakil Bupati Tanah Bumbu dan kemudian menjadi calon Wakil Gubernur Kalsel mendampingi Denny Indrayana di Pilgub Kalsel 2020 lalu,” ucap Ilham Nor.

BACA JUGA : Prabowo Ultah, DPD Gerindra Kalsel Beri Kado Kegiatan Vaksinasi Massal

Untuk diketahui, berdasar data yang dihimpun jejakrekam.com, perolehan suara Difriadi Darjat pada Pemilu 2019 mencapai 16.813 suara. Difriadi Darjat berada di posisi kedua perolehan suara caleg Gerindra di bawah Muham,ad Nur yang merebut 43.861 suara.

Rincian suara pemilih di Pemilu 2019 di dapil Kalsel 2 direbut Difriadi Darjat berasal dari Kabupaten Tanah Laut sebanyak 2.208 suara, Kotabaru (1.652), Tanah Bumbu (6.475), Banjarmasin merebut 4.562 suara dan Banjarbaru mengumpulkan 1.916 suara.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.