Husairi Abdi

Desa Masingai II Kecamatan Upau Resmi Ditetapkan Jadi Kampung Pancasila

0

BUPATI Tabalong H Anang Syakhfiani meresmikan Desa Masingai II yang ada di Kecamatan Upau Tabalong sebagai Kampung Pancasila.

DIDAMPINGI Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja dan Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin, Bupati Tabalong melakukan pemotongan pita sebagai pertanda diresmikan Kampung Pancasila di Bumi Sarabakawa, Rabu (6/4/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani berharap Kampung Pancasila tersebut dapat menerapkan tentang keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia sebagai kekuatan dalam membangun dan mewujudkan suasana yang rukun dan damai dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA : Punya Potensi Pertanian dan Peternakan, Desa Trahen Dicanangkan Jadi Kampung Berkah

“Kita ketahui bahwa Pancasila itu adalah dasar negara kita, Pancasila juga sebagai alat pemersatu bangsa.  Oleh sebab itu, pencanangan Kampung Pancasila di Desa Masingai II ini adalah bagian dari ikhtiar besar kita untuk tetap kembali ke suasana yang nyaman,” papar Anang Syakhfiani.

Dia melanjutkan dicanangkannya Kampung Pancasila ini juga sebagai wujud menanamkan nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan sosial masyarakat.

Sementara itu, Dandim 1008/Tabalong, Lektol Inf Dhuwi Hendradjaja mengungkapkan, pencanangan Kampung Pancasila bertujuan agar tetap menjadi dasar negara yang prinsipnya dapat diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : Lantik DPK KNPI Upau, AWU Dorong Pengurus Kecamatan Buka Lapangan Usaha Baru

“Hal ini agar Pancasila tetap lestari dan tentunya bukan hanya seremoni belaka yang kita laksanakan, tetapi sebagai titik tolak untuk melanjutkan kegiatan tentang pengamalan Pancasila dengan betul-betul menerapkan sila-sila dan butir-butir yang ada,” ucap Dhuwi.

Dengan hadirnya Kampung Pancasila ini, Dhuwi berharap dapat mewujudkan kehidupan yang harmonis, dinamis dan menciptakan situasi yang nyaman. “Sehingga dalam berkehidupan bertetangga, bekerja dan sebagainya dapat terwujud,” ujarnya.

BACA JUGA : Adaro Raih Proper Emas KLHK RI, Dianggap Sukses Kelola Lingkungan Hidup

Hal ini, beber Dhuwi, tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi dapat berjalan terus menerus, baik sifatnya, fisik maupun non fisik.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri Kapolres Tabalong AKBP Riza Mutaqin, Kepala Badan Kesbangpol Tabalong Rahadian Noor, unsur Forkopimca se-Kecamatan Haruai dan Upau, Ketua DPK KNPI Kecamatan Upau Hardi, Kepala Adat Kampung 10 Saparin, Ketua Persit KCK Cabang XXXI Dim 1008/Tabalong, Dhevi Dhuwi Hendradjaja berserta jajaran.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.