Kesbangpol Balangan Sosialisasikan Pembentukan Forkopimcam

0

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Balangan sosialisasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di kecamatan, dihadiri camat dan perwakilan camat, di aula Kesbangpol Balangan, Jum’at (1/4/2022).

DIHADIRI Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Balangan, Rudiansyah Sofyan mengatakan, kecamatan sebagai organisasi sektor publik di level pemerintahan daerah memiliki peran penting dan bertugas membina desa/kelurahan.

Camat dibantu forum koordinasi pimpinan di kecamatan (Forkopimcam) melakukan fungsi kontrol melalui pembinaan, pengawasan, menjaga keamanan dan ketertiban umum.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan, Ansyarullah mengatakan sosialisasi ini bertujuan membentuk forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopimcam).

“Pada hari ini kami melaksanakan pertemuan dengan para camat se-Kabupaten Balangan. Yang kami sosialisasikan tentang pembentukan forum koordinasi pimpinan di kecamatan,” terangnya.

Tujuannya, untuk penguatan peran forkopimcam dalam mengatasi atau mendeteksi dini konflik-konflik di wilayah masing-masing kecamatan. Baik konflik suku, agama, ras antar golongan.

Selanjutnya, ucap Ansyarullah, konflik yang mungkin saja terjadi terkait perbatasan wilayah. Baik perbatasan antar wilayah kecamatan, perbatasan antar desa maupun kabupaten.

Usai sosialisasi, diharapkan camat segera membentuk forkopimcam untuk diusulkan kepada bupati untuk pembuatan SK. Sehingga para pimpinan kecamatan bisa melaksanakan tugas dengan aspek legal.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.