Lantik DPK KNPI Upau, AWU Dorong Pengurus Kecamatan Buka Lapangan Usaha Baru

0

KETUA Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tabalong, Ari Wahyu Utomo, atau yang bisa dipanggil AWU arahkan ketua Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kecamatan Upau terpilih untuk dapat menciptakan lapangan usaha baru bagi pemuda setempat.

HAL ini disampaikan oleh orang nomor satu di induk organisasi kepemudaan Tabalong ini dalam sambutannya usai melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong yang dinahkodai oleh Suhardi, belum lama tadi.

Menurut Ari, sebagai ketua terpilih, Suhardi harus mampu membuka lapangan usaha baru dan mengembangkan potensi usaha yang ada di Kecamatan Upau untuk pemuda setempat.

BACA: Dukung Geliat UMKM Anak Muda, KNPI Tabalong Bakal Gelar Ajang BUM 2022

“Sebagai ketua KNPI kecamatan, Suhardi harus mampu membaca peluang usaha dan mengembangkannya agar masyarakat setempat, khususnya pemuda di Kecamatan Upau mempunyai kegiatan positif yang menghasilkan rupiah,” ujarnya.

Untuk pengembangannya ungkap Ari, pihaknya akan mendukung secara penuh setiap kegiatan dalam upaya terciptanya lapangan usaha di Kecamatan Upau.

Dalam kesempatan tersebut, Ari juga minta agar ketua terpilih juga mampu menjalankan organisasi secara mandiri. “Mandiri disini maksudnya tidak tergantung dengan pihak luar dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi dalam organisasi,” ujar Ari.

Meski demikian, pihaknya akan membackup semua pengurus KNPI kecamatan baik dalam berkegiatan maupun dalam menjalankan roda organisasi. “Namun, kalau ketua dan DPK lainnya mampu mengatasinya, tentu ini akan lebih baik, sehingga kita tidak perlu turun tangan,” ucapnya.

BACA JUGA: 1.000 Cup Kopi Dibagikan Gratis, 3 Jenis Vaksin Disediakan di Gerai KNPI Tabalong

Sementara, Ketua KNPI Kecamatan Upau terpilih Suhardi mengatakan, usai pelantikan dan pengukuhan ini dirinya akan segera merapatkan barisan, anggota KNPI Kecamatan Upau segera menindaklanjuti arahan dari Ketum KNPI Tabalong.

“Ada tiga lapangan usaha yang akan kita kembangkan di Kecamatan Upau, seperti budidaya belut, pengembangan potensi wisata dan pembuatan tempat nongkrong,” ujar Suhardi.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya bebernya akan memberikan pelatihan-pelatihan aktif terhadap para pemuda.

“Yang dimaksud pelatihan aktif disini, selain memberikan pelatihan kita juga akan melakukan pendampingan terhadap peserta pelatihan dalam membuka usahanya,” kata dia.

Bentuk pelatihan yang akan diberikannya kepada pemuda Upau salah satunya budidaya belut dan cara pengembanganya agar sukses.

BACA LAGI: KNPI Tabalong Minta Anak Muda Dilibatkan Tiap Musrenbang

Sebagai pemilik peternakan belut, dirinya tegasnya akan menularkan semua ilmunya kepada para pemuda Upau yang juga ingin bergelut dibidang budidaya belut.

“Agar semua program ini dapat berjalan dan berhasil melahirkan pengusaha -pengusaha lokal, tentu kita membutuhkan dukungan dari KNPI  Tabalong dan juga pemerintah setempat,” ujarnya.

Sebelumnya Pelantikan dan pengukuhan DPK KNPI Kecamatan Upau ini merupakan pelantikan pertama untuk DPK Kecamatan di Tabalong.

Bersama 20 orang pemgurus lainnya, Suhardi dilantik langsung oleh Ketua umum KNPI Tabalong Ari Wahyu Utomo, bertempat di halaman Kantor Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.