Husairi Abdi

Rangkaian HUT ke-19 Tanbu Digelar Lomba Balogo

0

SERANGKAIAN lomba digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Wakil Bupati (Wabup) Tanah Bumbu (Tanbu) H Muhammad Rusli membuka lomba Balogo dan Kerasi Barang Bekas di Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. 

DALAM Lomba Balogo tersebut, selain bagasing serta kreasi barang bekas, juga digelar Bakiak, lari karung yang terbuka untuk umum. Wabup Muhammad Rusli dalam sambutannya menyebutkan lomba tersebut menyertakan kreasi barang bekas yang sejatinya serta memanfaatkan hasil limbah sehingga bisa produktif dan layak. “Secara langsung kita turut mendukung pemerintah untuk membongkar pencemaran lingkungan,” ucap Wabup.

BACA: Wabup Tanbu HM Rusli Lantik BPD Desa Jombang dan Al Kautsar

Ia mengapresiasi lomba balogo antar SKPD maupun masyarakat umum dalam memeriahkan HUT ke-19 Tanah Bumbu.

Sebagai upaya, jelasnya, pelestarian nilai budaya melalui olahraga dan permainan tradisional, juga perlu diperkenalkan kepada generasi muda. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan menghargai nilai-nilai luhur dari masa lalu yang sangat perlu dilestarikan keberadaannya. “Melalui pelaksanaan ini, mari kita lihat momentum bagi kita semua guna terus mengembangkan kreasi budaya kita. Sehingga menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam pengelolaan limbah atau daur ulang barang-barang yang bermanfaat,” tambahnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Tanah Bumbu Hamaludin Taher mengungkapkan melalui lomba Balogo, sejatinya akan mengembalikan atau pun budaya-budaya yang sempat dilakoni para pendahulu kita. (jejakrekam) 

Penulis Ril/Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.