Shalat Tarawih Malam Pertama Ramadhan, 3 Masjid Muhammadiyah Dipenuhi Jamaah

0

PEMERINTAH melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu (Ahad), 3 April 2022. Namun, hal itu tak berpengaruh bagi warga Muhammadiyah.

DI BANJARMASIN, tiga masjid terbesar yang dikelola ormas Islam itu yakni Masjid Al Jihad, Jalan Cempaka Besar dan Masjid Hasanuddin Madjedi, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayutangi dan Masjid Al Mujahidin Jalan Belitung Darat, Banjarmasin, menggelar shalat Tarawih malam perdana bulan suci Ramadhan.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan berdasar metode hisab bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Ribuan jamaah pun sudah berdatangan ke tiga masjid terbesar milik Muhammadiyah. Bahkan, usai shalat Maghrib, area parkir penuh dengan sepeda motor dan mobil, hingga ruas Jalan Cempaka Besar dan Jalan Brigjen H Hasan Basry, khususnya di kawasan Bundaran Kayutangi, padat.

BACA : Milad ke-109, Sejarah dan Peran Muhammadiyah di Indonesia Tak Perlu Diragukan

“Kami bersyukur gairah umat Islam khususnya warga Muhammadiyah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini sangat kuat. Walau Banjarmasin masih pandemi Covid-19, toh jamaah tetap berdatangan ke Masjid Al Jihad,” kata Hasan, jamaah Masjid Al Jihad Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Jumat (1/4/2022) malam.

Ruang induk Masjid Al Jihad pun penuh dengan jamaah. Tak hanya di shaf laki-laki, begitu pula di barisan shaf perempuan terlihat tak ada ruang kosong. Bahkan, jamaah pun meluber ke serambi masjid. Saking membludaknya jamaah shalat Tarawih di malam pertama bulan puasa ini, kawasan Jalan Cempaka Besar sempat ditutup.

BACA JUGA : Muhammadiyah Kalbar Belajar Tata Kelola Amal Usaha ke Masjid Al Jihad Banjarmasin

Ribuan jamaah Masjid Hasanuddin Madjedi saat rukuk mengikuti shalat Tarawih di malam perdana bulan Ramadhan 1443 Hijriyah. (Foto Asyikin)

Kondisi serupa juga terlihat di Masjid Hasanuddin Madjedi. Dengan suara imam shalat Tarawih yang terdengar merdu, suasana malam pertama bulan puasa pun terasa khidmat. Jamaah pun memenuhi ruang induk hingga bagian samping kanan dan kiri masjid besar milik Muhammadiyah itu.

Begitu pula, di Masjid Al Mujahidin, Jalan Belitung Darat juga dipenuhi jamaah warga Muhammadiyah. Mereka pun menggelar shalat Tarawih dengan 8 rakaat plus 3 rakaat shalat Witir, sebelumnya dijeda dengan tausyiah penceramah.

BACA JUGA : Awal Ramadhan 1443/2022 Berpotensi Berbeda, MUI Kalsel Desak THM Ditutup Total

“Saya sengaja datang jauh-jauh dari Handil Bakti agar bisa shalat Tarawih ke Masjid Hasanuddin Madjedi. Sebab, Muhammadiyah telah menetapkan satu Ramadhan pada esok hari,” kata Mukhtar, warga Handil Bakti.

Dia berharap bisa sebulan penuh shalat Tarawih di Masjid Hasanuddin Madjedi selama Ramadhan tahun ini. “Ini sudah lama saya niatkan. Alhamdulillah, bisa terwujud. Memang setiap tahun, awal Ramadhan, saya selalu shalat Tarawih di masjid ini,” pungkas Mukhtar.(jejakrekam)

Pencarian populer:doa tarawih malam pertama
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.