71 Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM Ikut PKL 27 Hari di Pulau Curiak

0

BERBAGI wawasan dan mengasah kemampuan, mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengikuti praktik kerja lapangan (PKL).

TAK hanya belajar teori di bangku kuliah, mahasiswa pun bisa praktik agar nantinya siap kerja lewat program PKL di Pulau Curiak, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Pembukaan PKL bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) ini dihadiri Ketua Jurusan Pendidian IPS Syaharuddin dan Koordinator Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM, Ersis Warmansyah Abbas bersama para dosen dan perwakilan mahasiswa angkatan 2019.

Pembukaan PKL mahasiswa Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM ini ditandai dengan pemberian cendramata dan 10 bibit mangrove kepada SBI, Kamis (30/3/2022). Mahasiswa pun diajak turun ke lapangan untuk ikut menanam bibit mangrove di wilayah konservasi kawasan Pulau Curiak dan sekitarnya.

BACA : Istri Menparekraf Kunjungi Pulau Curiak, Nur Asia Uno Beri Nama Bayi Bekantan

PKL merupakan mata kuliah wajib di Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM di Pulau Curiak berlangsung selama 27 hari kerja, sejak 2 – 27 April 2022 nanti. PKL ini diikuti 71 mahasiswa yang mengikuti praktikum dari metode Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Ada tiga aktivitas utama dari PKL di Pulau Curiak bekerjasama dengan Yayasan SBI Desa Anjir Serapat Muara 1 dan sekolah mintra di wilayah tersebut. Yakni, asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian dan membangun desa.

“Dipilihnya Pulau Curiak yang menjadi kawasan konservasi bekantan sebagai tempat praktikum mahasiswa, karena punya keunikan dan hal-hal yang bisa jadi bahan penelitian mahasiswa,” kata Koordinator Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Ersis Warmansyah Abbas.

BACA JUGA : Curi Perhatian Dunia, Pulau Curiak di Kalsel Pantas Dikembangkan

Menurut dia, mahasiswa IPS bisa memahami bagaimana meningkatkan partisipasi sosial dalam berbagai aspek di masyarakat. Senada itu, Founder Yayasan SBI Amelia Rezeki menyambut hangat program PKL mahasiswa IPS FKIP ULM.

“Banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa baik di Pulau Curiak maupun di lingkungan masyarakat sekitar, terutama desa-desa terdekat,” kata dosen biologi FKIP ULM ini.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.