Husairi Abdi

𝘔𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨, Awal Ramadhan Orang Dayak Bakumpai

0

Oleh : Nasrullah

KETETAPAN pemerintah tentang 1 Ramadhan 1443 H bertepatan, Ahad 3 April 2022, bagi orang Dayak Bakumpai inilah momentum 𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨. Anehnya, 𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨  ini tidak memiliki ritual yang spesifik.

SAYA agak iri dengan penjelasan Bustami Abubakar, antropolog UIN Ar-Raniri karena Aceh menyebut istilah Makmeugang menandai awal Ramadhan yang sudah ada sejak dulu.

Pada saat itu, Sultan memastikan tanggung jawab sosialnya kepada rakyat dengan memastikan yatim piatu, fakir miskin, lansia dan orang buta terjamin di bulan Ramadhan dengan memberikan daging sapi.

Makmeugang sampai saat ini masih berlangsung di Aceh. Nah, apakah 𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨  ini merupakan versi longgar dari Makmeugang ini? Rasanya masih belum bisa dipastikan. Namun, secara kebahasaan memilili kesamaan (biarlah linguis yang menjelaskannya) dan juga sama-sama memuliakan awal Ramadhan.

BACA : Badewa, Ritus Seni Pengobatan Masyarakat Bakumpai di Kalimantan

Sayangnya, 𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨 bagi orang Bakumpai tidak ada pembagian dari Sultan seperti makmeugang di Aceh. Juga pada awal Ramadhan, tidak ada hidangan istimewa dengan menu masakan daging sapi yang mesti dipenuhi.

𝘔𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨 dalam tradisi orang Bakumpai nyaris hanya menandai awal Ramadhan. Selebihnya, jika kita jeli, 𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨 adalah upaya berkumpul dengan keluarga pada awal Ramadhan. Bagi yang bersekolah atau kuliah, setidaknya orang tuanya menanyakan mamagang di manakah?

BACA JUGA : Islam Sapa Bakumpai, Sunang Bonang dan Sunan Giri Pernah Berniaga di Marabahan

Bagi petani, jika mampu meninggalkan sawah, ia akan pulang kampung di awal Ramadhan. Pun bagi petani yang masih di kampung, ia akan menunda kepergiannya ke sawah setelah  𝘮𝘢𝘮𝘢𝘨𝘢𝘯𝘨 ini berlalu.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lain di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah/2022. Semoga kita termasuk orang-orang yang bertakwa.(jejakrekam)

Penulis adalah Antropolog Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM

Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.