Gubernur Sahbirin Noor Terus Gelorakan Program Revolusi Hijau

0

PROGRAM Revolusi Hijau terus digelorakan Gubernur Kalsel Dr H Sahbirin Noor (Paman Birin).

GUBERNUR dua periode ini memimpin langsung kegiatan menanam pohon di Dusun Pantai Kopi Desa Mandiangin Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (31/3/2022) siang.

Kegiatan memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 bertajuk “Revolusi Hijau, Bakti Rimbawan Hijaukan Banua”. Penanaman dilakukan bersama seluruh unsur SKPD dilingkup Pemprov Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Forkopimda Kalsel, jajaran TNI, Polri, masyarakat, pelajar, mahasiswa dan lainnya.

Di bawah terik matahari yang menyengat di kawasan Pantai Kopi, tak menyurutkan Gubernur Kalsel itu untuk melakukan penanaman. Paman Birin didampingi bersama PKK Prov Kalsel Raudatul Jannah yang juga turut serta menanam pohon. 

BACA: Dukung Revolusi Hijau, Gubernur Resmikan Persemaian Permanen

Penanaman di Dusun Pantai Kopi dilaksanakan di atas areal seluas 50 hektar. Adapun jenis pohon ditanam adalah bambu, tanaman Eucalyptus dan tanaman buah-buahan. “Semoga dengan apa yang kita tanam hari ini dapat menjadikan manfaat bagi masyarakat dan berguna bagi anak cucu kita di masa mendatang,” harap Paman Birin.

Dikatakannya, kegiatan penanaman ini selain untuk mengurangi tingkat pemanasan global, juga merupakan bentuk upaya pemerintah untuk terus mengkampanyekan menanam pohon di kalangan masyarakat.

Plt Kadishut Kalsel Fathimatuzzahra mengungkapkan kegiatan rehabilitasi sejak tahun 2011 hingga 2022 tidak hanya dilakukan Dinas Kehutanan, namun juga oleh Kementerian LHK, para pemegang IPPKH serta pemegang ijin perizinan usaha pemanfaatan di Provinsi Kalimantan Selatan. “Terdata ada lebih dari 108 ribu hektar yang sudah dilakukan rehabilitasi, namun terkait dengan keberhasilan akan terus kita evaluasi” ujar Fathimatuzzahra. 

Dinas Kehutanan juga akan terus bergerak untuk menyukseskan revolusi hijau dengan target 30.000 hektar per tahun. “Diharapkan dalam dua puluh tahun, lahan kritis di Kalsel dapat kita atasi,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Biro Adpim/Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.