Husairi Abdi

Banjarbaru Makin Semarak, Warga Ramai-Ramai Bikin Gapura dan Lampion Sambut Ramadhan

0

RAMADHAN sebentar lagi tiba. Menariknya di ibukota Provinsi Kalsel yang baru ini memiliki cara tersendiri menyambut datangnya bulan puasa yang penuh berkah ini.

WARGA Banjarbaru tampak beramai-ramai membuat gapura atau pintu gerbang Marhaban yaa Ramadhan. Tak hanya itu, mereka pun memasang lampion dan lampu berwarna-warni di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Kami sengaja memasang gapura dan lampion-lampion ini untuk menyemarakkan suasana Ramadhan di lingkungan tempat tinggal. Sekaligus, kami juga menyiapkan keikutsertaan lingkungan RT kami dalam lomba Festival Salikur yang dilaksanakan Pemko Banjarbaru,” ujar Samsul Ma’arif, Ketua RT 23 RW 05, Jalan Merbabu Kelurahan Kemuning, Kecamatan Banjarbaru Selatan kepada jejakrekam.com, Rabu (30/3/2022).

BACA : Tambah Daya Tarik Kota Idaman, Banjarbaru Kini Hadirkan Wahana Bermain Skuter Listrik

Ya, Banjarbaru di bawah kepemimpinan Walikota Aditya Mufti Ariffin, kembali menghelat Festival Salikur Banjarbaru tahun ini. Ketua Panitia Pelaksana, HE Benyamine menerangkan, Festival Salikur tahun ini merupakan pelaksanaan yang kedua.

“Kita memulai Festival Salikur sejak Ramadhan 2021. Alhamdulillah, atas arahan dan dukungan Walikota Banjarbaru, Festival Salikur kembali dilaksanakan tahun 2022 atau Ramadhan 1443 tahun ini,” terang tokoh seni, budaya, dan sastra di Banjarbaru ini..

BACA JUGA : Dicari 3 Terbaik, 53 ASN Bersaing Rebutkan 8 JPTP Lowong di Pemkot Banjarbaru

Pria yang akrab disapa Bang Ben mengungkapkan pada pelaksanaan tahun ini, sedikitnya 35 RT resmi terdaftar sebagai Festival Salikur 2022. Dia memastikan jumlah itu, masih akan bertambah karena pendaftaran masih dibuka panitia hingga 1 Ramadhan 1443 nanti.

“Perkiraan kami, mungkin peserta bisa tembus ke 40 RT. Namun pastinya, baru bisa kami sebutkan setelah 1 Ramadhan nanti,” ucap Bang Ben didampingi Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru, H Ahmad Yani Makkie, dan Sekretaris Kegiatan Festival Salikur, Gusti Adam Maulana.

BACA JUGA : Indonesia The Best One Award 2022, Walikota Banjarbaru Dinobatkan The Best One Inspiring Leaders

Semaraknya warga dalam menyambut datangnya Ramadhan ini, Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin merasa sangat gembira dan berbangga. Terkhusus pula, melihat antusiasme lingkungan RT-RT dalam mengikuti Festival Salikur yang diadakan Pemkot Banjarbaru.

“Kami bangga dan terharu melihat kebersamaan dan gotong royong warga dalam menyambut Ramadhan. Kami lihat ada yang gotong royong membangun gapura, ada pula yang gotong-royong membuat dan memasang lampion. Bagi kami, sangat membanggakan,” ujar Walikota Banjarbaru akrab disapa Ovie tersebut.

BACA JUGA : Sah! Jadi Ibukota Kalsel, Ketua DPRD Banjarbaru Minta RTRW Segera Direvisi

Menurut Ovie, sebagai pihak yang menginisiasi penyelenggaraan Festival Salikur,  Pemkot Banjarbaru pun turut memasang lampion-lampion di sejumlah titik kota.

“Alhamdulillah, lampion-lampion Ramadhan kini sudah terpasang di Balai Kota Banjarbaru. Di beberapa kantor dinas juga saya lihat sudah mulai menyiapkan, bahkan ada yang sudah terpasang juga. Insyaa Allah, seperti tahun lalu, Ramadhan kita di Banjarbaru juga akan semarak. Insya Allah, semoga membawa keberkahan untuk kita semua,” pungkas Ketua DPW PPP Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.