Cek Bahan Pokok di Pasar, Walikota Ibnu Sina Akui Stok Cukup, Tapi Harga Naik Jelang Bulan Puasa

0

LONJAKAN harga bahan pokok (bapok) dan sembako jadi atensi Walikota Ibnu Sina saat turun ke dua pusat perbelanjaan di Banjarmasin, Selasa (29/3/2022).

WALIKOTA Ibnu Sina menyambangi Pasar Sederhana Teluk Dalam, Jalan Sutoyo S Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan mengecek harga bapok khususnya minyak goreng kemasan di ritel modern Duta Mall Banjarmasin, Selasa (29/3/2022).

Dari pantauan di ritel modern, Walikota Ibnu Sina mengajak Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperdagin) Banjarmasin.

Hasilnya, harga minyak goreng kemasan premium sudah tembus Rp 60 ribu per 2 liter, dengan terendah Rp 56 ribu per 2 liter untuk masing-masing produk pabrikan minyak sawit.

BACA : Bulog Kalsel Bersiap Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Ramadhan

Dari hasil pantauan itu, Walikota Ibnu Sina mengungkapkan ketersedian pasokan bapok baik di pasar tradisional maupun modern masih terjamin saat memasuki bulan puasa.

Fluktuasi harga pun dicek, terutama hilangnya minyak curah serta tak berlakunya harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng Rp 14 ribu per liter yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

BACA JUGA : Dinas Perdagangan Kalsel Lakukan Monitoring Dan Operasi Pasar Untuk Stabilkan Harga Minyak Goreng

“Jelang bulan puasa, memang kebutuhan sembako cukup meningkat. Namun, stoknya di pasar tradisional dan pasar modern cukup tersedia. Hanya ada kenaikan harga yang biasanya terjadi saat menjelang kedatangan bulan suci Ramadhan,” papar Ibnu Sina.

Ibnu Sina berharap kenaikan harga ini bisa ditekan, hingga nanti saat memasuki bulan puasa dan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. “Jangan sampai nanti justru stok bahan pokok maupun sembako terjadi pasang surut. Ini yang harus kita pantau,” tegas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.