Husairi Abdi

Bahas Kemandirian Organisasi, Erick Thohir Bakal Hadiri Konbes XXV GP Ansor di Banjarbaru

0

SEMPAT tertunda dua kali, akhirnya Konferensi Besar (Konbes) XXV Gerakan Pemuda (GP) Ansor bisa dihelat selama tiga hari sejak 30 Maret hingga 1 April 2022 mendatang.

KONBES GP Ansor ini akan dihadiri perwakilan 34 provinsi se-Indonesia berpusat di Hotel Grand Dafam Q Banjarbaru. Ada beberapa agenda penting yang dibahas dalam konbes jelang Muktamar GP Ansor.

Ketua GP Ansor Kalsel Teddy Suryana mengatakan dalam konbes ke-25 ini hampir dipastikan akan dihadiri Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas yang juga Menteri Agama.

“Saat ini, persiapan sudah bisa dibilang 80 persen. Bahkan, beberapa perwakilan GP Ansor se-Indonesia juga mengabarkan siap datang ke Kalsel,” kata Ketua GP Ansor Kalsel, Teddy Suryana kepada jejakrekam.com, Senin (28/3/2022).

BACA : GP Ansor Gelar Pelatihan Pendampingan UMKM bagi Kadernya

Menurut Teddy, dalam Konbes XXV GP Ansor juga diisi dengan seminar nasional yang menghadirkan tiga pembicara utama (keynote speaker) yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H Maming.

“Sedangkan, untuk pembicara ketiga yakni Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto masih dalam proses konfirmasi ulang. Semoga saja beliau bisa hadir dalam Konbes XXV GP Ansor yang kali ini tuan rumahnya adalah Kalimantan Selatan,” ucap anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sesuai tema Konbes XXV GP Ansor bertajuk konsolidasi organisasi menuju konsilidasi kader, Teddy menegaskan organisasi kepemudaan sebagai badan otonom di bawah naungan ormas Islam; Nahdlatul Ulama (NU) adalah menuju kemandirian organisasi dan perekonomian organisasi.

BACA JUGA : Wujudkan Kemandirian Ekonomi, GP Ansor Kalsel Resmikan Koperasi

“Memang, bukan hanya soal pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, khususnya bagi GP Ansor. Soal kebangsaan kekinian dan perpolitikan nasional juga akan dibahas dalam konbes kali ini,” papar Teddy.

Menurut dia, kepercayaan Pengurus Pusat GP Ansor bagi Kalsel sebagai tuan rumah konbes tentu harus dijaga dan dilaksanakan dengan baik. Apalagi, dalam konbes ini kembali menekankan untuk penguatan visi-misi GP Ansor dalam revitalisasi nilai dan tradisi, penguatan sistem kaderisasi, pemberdayaan potensi kader dan kemandirian organisasi.

BACA JUGA : GP Ansor Turunkan Ribuan Relawan Bantu Penanganan Banjir di Kalsel

“Itu merupakan visi GP Ansor. Sedangkan, dalam misi GP Ansor adalah internalisasi nilai Aswaja dan Sifatur Rasul dalam Gerakan GP Ansor. Membangun disiplon organisasi dan kaderisasi berbasis profesi, menjadi sentrum lalu lintas informasi dan peluang usaha antar kader dengan stakeholder hingga mempercepat kemandirian ekonomi kader dan organisasi,” papar Teddy.

Agenda lainnya dalam konbes ke-25 ini menjanlakan rangkaian kegiatan menyongsong kongres. Sebab, dalam konbes ini akan digodok peraturan organisasi atau tata tertib jelang kongres yang merupakan turunan dar AD/ART GP Ansor.

“Makanya, dalam Konbes GP Ansor di Banjarbaru ini akan dihadiri perwakilan dari 34 provinsi, terutama ketua dan sekretaris wilayah. Termasuk, dari pengurus pusat GP Ansor,” kata Teddy.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.