Kirimkan 41 Peserta, Kafilah Kalsel Meriahkan FASI Nasional XI Palembang

0

PERHELATAN akbar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XI tingkat nasional di Kota Palembang Sumatera Selatan resmi dibuka, Jumat (25/3/2022). Festival ini digelar pada tanggal 24 hingga 27 Maret 2022.

PEMBUKAAN FASI ke XI tingkat nasional tahun 2022 ini, dibuka oleh Ketua Badan Pembina BKPRMI Pusat Komjen Pol (Purn) Syafrudin, ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan bersama dengan Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, Ketua DPP BKPRMI H Said Aldi Al Indrus, Ketua DPW BKPRMI Sumsel, H Firdaus, dan Ust Das’ad Latief.

Sebelumnya, dilakukan defile oleh 28 kontingen FASI ke XI se-Indonesia, termasuk Kafilah Provinsi Kalimantan Selatan yang kompak dengan seragam berwana kuning dan kain sasirangan, serta turut didampingi oleh sejumlah pelatih, pendamping dan official, di kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

BACA: Sumatera Selatan Pelajari Keberhasilan FASI di Kalsel

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Yahya dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada panitia yang telah melakukan berbagai persiapan hingga terlaksanananya FASI ke XI tingkat nasional tahun 2022.

Pemerintah Provinsi Sumsel melalui DPW BKPRMI Sumsel, akan memberikan hadiah berupa 1 unit kendaraan operasional bagi DPW BKPRMI yang berhasil meraih sebagai juara umum.

Selain Pemprov Sumatera Selatan, tambahan hadiah berupa umroh juga akan diberikan oleh Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI, Komjen Pol (purn) Syafrudin, kepada para pemenang di setiap cabang lomba.

Sementara, Komjen Pol (purn) Syafrudin turut menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara. Dia berharap, melalui FASI yang menurutnya sebagai miniatur MTQ, dapat melahirkan kualitas santri dan ustad-ustadzah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Berlomba di FASI XI Kalsel, Plt Walikota Hermansyah Target Banjarmasin Juara Umum

Hal senada disampaikan Ketua DPP BKPRMI H Said Aldi Al Idrus, melalui FASI diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang shaleh. “Dengan dimulai dari pembinaan generasi shaleh menjadi generasi unggulan yang penuh dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dalam rombongan Kafilah Kalsel, Ketua Umum DPW BKPRMI Kalsel Drs H Hermansyah MM, turut hadir saat acara pembukaan. Dengan didampingi Ketua Harian BKPRMI Kalsel Fahrurazi, dan sejumlah pengurus lainnya serta para pendamping dan official.

Hermansyah berharap, FASI tingkat nasional ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya oleh kafilah FASI Kalsel. Dan ia pun berharap dapat mempersembahkan hasil terbaik bagi banua.

“Kami berharap Kalsel kembali bisa mempertahankan sebagai juara umum dalam gelaran FASI XI tingkat nasional. Kami mohon doa kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk kesuksesan kafilah FASI Kalsel,” pinta Hermansyah.

BACA LAGI: Pasca Banjir, DPD BKPRMI Banjarmasin Bersih-bersih 10 Masjid

Pada tahun 2017 lalu, di FASI nasional ke X, Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah hingga berhasil meraih juara umum untuk kedua kalinya. Sebelumnya Kalsel sukses menggondol tropy bergilir juara umum di FASI ke IX yang digelar di Jawa Barat.

Di FASI ke XI tahun 2022 ini, Kalsel menurunkan sebanyak 41 peserta yang akan mengikuti di 19 jenis lomba dengan 34 kategori kejuaraan pada jenjang TKA, TPA dan TQA.

FASI sendiri merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi baik santri Taman Kanak-Kanak Al Quran (TKA), Taman Pendidikan Al quran (TPA) dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).

FASI merupakan event lomba 3 tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al Quran dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI). Seyogyanya, FASI ke XI dilaksanakan pada tahun 2020, namun karena adanya pandemi covid-19, perhetalannya tertunda hingga bisa dilaksanakan di tahun 2022 ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.