Rabithah Alawiyah Gelar Musyawarah Di Hotel Madina Pagatan

0

PEMBENTUKAN DPC Rabithah Alawiyah Sekaligus pemilihan Ketua Rabithah Alawiyah Kabupaten Tanah Bumbu, masa bakti 2022-2027 digelar.

SEBELUMNYA, kepengurusan DPC masih tergabung dengan Kabupaten Kotabaru. Hingga pada Minggu (20/3/2022) musyawarah cabang digelar di hotel Madina Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kalimantan Selatan.

Menurut ketua pelaksana H Sayyid Umar Al Aydrus, sebelum pembentukan Rabithah Alawiyah di Tanah Bumbu, sudah ada Forum Alawin yang berjalan sampai sekarang.

Pelaksanaan Forum Alawin berjalan lancar hingga dilakukan dua kali pemilihan, bahkan selama ada pengurusan Forum alawin, berdasarkan data di lapangan ada 205 jiwa Habib yang terdata, serta Kafilah ada 10 nasab.

“Kami mengajak saudara para Habaib membentuk Rabithah Alawiyah ini, tentu tujuannya kedepan kita bisa membantu para Habib yang sampai saat ini, belum memiliki buku nasab,” kata Habib Umar.

Lanjut Habib Umar, “Perkumpulan Rabtha Alawiyah ini sebagai wadah pelayanan bagi Habib warga Tanah Bumbu, dan juga mengantisipasi banyaknya ada habaib palsu. Keinginan kita bersama berkomitmen tidak terpengaruh dengan organisasi maptab lain selain Rabhitah Alawiah.”

BACA: Berawal dari Grup WA, Habaib dan Muhibbin Bentuk Organisasi Perkumpulan

Sementara, perwakilan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rabithah Alawiyah Prof Dr Ir Muhammad Idrus Al Hamid selaku Wakil Ketua Umum I mengatakan, tujuan perkumpulan Rabithah Alawiyah ini. dibentuk tahun 1927, yang bertujuan berlandaskan Al-Quran dan Hadist, berazaskan Islam ahlussunnah waljamaah, serta berazaskan UU dan Pancasila.

“Terpenting bersifat kekeluargaan, karena kita masih ada hubungan darah melalui Fatimah Az Zahra. Perkumpulan ini juga sebagai wadah pendidikan dan dakwah, serta menjalankan mantab alawiyin,” kata Habib Muhammad Idrus Al Hamid, saat memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi secara virtual.

Menurut Habib Muhammad, saat ini ada 83 cabang atau DPC Rabithah Alawiyah di seluruh Indonesia. “Kalau Tanah Bumbu ada pembentukan maka bertambah satu lagi. Kalau bisa nanti dapat dibentuk DPW Propinsi Kalimantan Selatan, dengan syarat harus ada 3 DPC sudah terbentuk. Tugasnya alawiyin membantuk itu kedepannya dengan berkordinasi ke DPC Kabupaten Banjar dan Banjarmasin,” terangnya.

“Kita tidak ikut politik, kita membantu keluarga kita yang perlu dibantu. Kita menjaga marwah perkumpulan ini,” pinta Wakil Ketua I DPP Rabhitah Alawiyah.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/03/21/rabithah-alawiyah-gelar-musyawarah-di-hotel-madina-pagatan/
Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.