Tangkal Banjir di Cempaka Banjarbaru, Ratusan Bibit Pohon Trembesi Ditanam

0

RATUSAN bibit pohon trembesi ditanam sejumlah pejabat Pemkot Banjarbaru di sekitar Jalan Kawasan Taman Keanekaragaman Hayati, Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka pada Sabtu (19/3/2022) pagi. Penanaman pohon dihelat untuk meramaikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjarbaru ke-23.

WALIKOTA Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin bersama Wakil Walikota Wartono, bersama unsur Forkopimda Banjarbaru lainnya turut berhadir dalam ajang penanaman pohon tersebut.

Selain penanaman pohon, ada pula kegiatan bakti sosial yakni membersihkan lingkungan upaya untuk memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar. “Lingkungan yang bersih mencerminkan masyarakat yang bersih sehingga kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik,” ujar Aditya Mufti Ariffin.

BACA: Hargai Jasa Bapak Pembangunan, Pemkot Banjarbaru Dirikan Baliho Biografi Van Der Pijl

Aditya bilang, penanaman pohon juga bagian dari upaya pemkot untuk menyambut pindahnya Ibukota Provinsi Kalsel ke Banjarbaru. Hal tersebut rupanya mendatangkan manfaat dan dampak, salah satunya bertambahnya jumlah penduduk yang nantinya akan menggerus lahan di kota ini.

BACA JUGA: Bekas Tambang Galuh Cempaka Jadi Embung, Pemkot Banjarbaru Disarankan Benahi Drainase

Ia mengatakan, fenomena tersebut perlu diantisipasi sehingga permasalahan yang akan timbul nantinya dapat dikurangi terutama bencana alam seperti banjir. Trembesi lantas menjadi pilihan karena pohonnya mampu menyerap air dengan baik.

Aditya mengatakan dengan bertambahnya usia Kota Banjarbaru maka pola pikir dan perilaku masyarakat haruslah lebih baik dalam segala hal terutama dalam menjaga alam sehingga tetap nyaman, bersih dan ramah. “Dapat tumbuh dan mendatangkan berkah serta bermanfaat bagi Kota Banjarbaru dan masyarakatnya,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Sheila Farazela
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.