Penilaian BPOM: Pasar Bumi Pangeran Masuk 6 Besar Nominasi 30 Pasar Se-Indonesia

0

PASAR Bumi Pangeran yang terletak di Kecamatan Kusan Hilir, terpilih menjadi salah satu nominasi pasar aman dari total 30 pasar yang diintervensi oleh Badan POM di seluruh Indonesia pada tahun 2021 lalu.

SAAT ini, Pasar Bumi Pangeran telah memasuki 6 (enam) besar yang selanjutnya akan ditentukan dengan verifikasi lapangan oleh juri pada tanggal 16-17 Maret 2022.

Sejak lama, pasar tradisional memegang peranan penting dalam memajukan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi rakyat. Fungsi penting pasar tradisional disamping sebagai muara dari produk-produk masyarakat di sekitarnya (lokal), juga merupakan salah satu faktor yang berperan penting bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

BACA: Pemkab Tanah Bumbu Tertibkan 3 Toko Modern

Pasar tradisional dewasa ini oleh sebagian masyarakat lebih diidentikkan dengan tempat yang kumuh, semerawut, becek, pengap, bau, dan sumpek.

Program Pasar Aman berbasis Komunitas merupakan program yang diinisiasi oleh Badan POM dan ditujukan untuk mengatasi hal ini.

Program yang telah dimulai sejak tahun 2013 ini terbukti dapat menurunkan peredaran bahan berbahaya di pasar-pasar tradisional serta meningkatkan kualitas manajemen, hygiene penjamah, sanitasi lingkungan, dan sebagainya.

Menurut Agus Salim, selaku Sekretaris Disdagri saat pembinaan dan pendampingan bersama tim di pasar pada Kamis (17/03/2022) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) sangat berterimakasih atas kegiatan tersebut.

“Terimakasih Balai Besar Pom Provinsi Kalimantan Selatan yang tidak hentinya memberikan pembinaan dan sosialisasi agar pasar itu terus memberikan bahan-bahan pokok yang aman dikonsumsi masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Produk UKM Tanah Bumbu Bakal Dijual di Toko Modern

Sementara itu Pada 10 Maret 2022, tim yang terdiri dari Gusti Maulita Indriyana selaku Koordinator Bidang Infokom BBPOM di Banjarmasin, Rahmat Hidayat selaku Kepala Loka POM di Tanah Bumbu, serta petugas dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Dinas Perikanan Tanah Bumbu dan UPTD Pasar Bumi Pangeran melakukan koordinasi dan peninjauan lapangan dalam rangka persiapan Lomba Program Pasar Aman Berbasis Komunitas.

Sementara Gusti Maulita Indriyana selaku Koordinator Bidang Infokom BBPOM di Banjarmasin mengatakan, pihaknya sangat antusias dan bangga karena salah satu pasar yang ada di wilayah kerja kami bisa terpilih sebagai nominasi pasar aman sampai dengan 6 besar sejauh ini. Dengan dukungan dan komitmen yang sangat baik dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, kami yakin Pasar Bumi Pangeran dapat memperoleh hasil terbaik.

Sampling terhadap pangan yang diperjual belikan di Pasar Bumi Pangeran juga dilakukan oleh tim agar dapat dipastikan keamanannya. Sampel tersebut ditindaklanjuti oleh BBPOM di Banjarmasin untuk kemudian dilakukan proses pengujian.(jejakrekam)

Penulis Infokom Tanbu
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.