In Memoriam Pak Syahdi Rasyid

0

Oleh : Subhan Syarief

KABAR berpulangnya almarhum Syahdi Rasyid ke Rahmatullah atau kami biasa menyebutnya dengan Pak Syahdi yang tutup usia 69 tahun pada Kamis (17/3/2022) sekira pukul 20.00 Wita, sungguh mengejutkan.

INNALILAHI wa Inna ilahi rajiun. Kalimat takziyah ini yang patut dibacakan untuk sosok Pak Syahdi Rasyid merupakan Ketua STIE Indonesia Banjarmasin periode 2002-2006 dan 2006-2010 serta Direktur 2002-2006 dan 2006-2010, Direktur Politeknik Syech Salman Al Farisi Rantau periode 2010-2015.

Di mata saya, almarhum Pak Syahdi adalah seorang yang sangat luar biasa perhatiannya kepada generasi muda. Beliau sangat memberikan kesempatan yang muda untuk bisa tampil menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi.

Beliau juga berani berdiri di pihak yang dinyakini benar walaupun sampai mengorbankan karir beliau di dunia usaha. Jujur saja, sangat jarang menemukan orang seperti beliau. Dan beliau adalah seperti ‘orangtua kami’.

BACA : Eddy Haryanto Berpulang, Keluarga Besar LPJK Kalsel Merasa Kehilangan

Dengan kepergian beliau, kami sangat kehilangan, tetapi sisi lain kami sangat bangga karena telah pernah menjadi salah satu generasi binaan beliau. Sangat banyak kami diajarkan beliau hal ilmu dalam tatacara berorganisasi. Hal yang paling mendasar bagi kami adalah sama pandangan dan sepakat adalah bahwa kami mesti menyiapkan generasi muda untuk berani tampil menjadi pemimpin.

Sehingga ketika kami berdua berkesempatan aktif duduk di berbagai organisasi profesi seperti Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Kalsel, Ikatan Nasional Tenaga Ahli Indonesia (Intakindo) Kalsel dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Provinsi (LPJKP) Kalsel.

BACA JUGA : Pakar Intakindo Kalsel Dukung Subhan Syarief Mencalon Walikota

Selama dua periode bersama, sejak awal kami  sudah menyiapkan generasi penganti. Kami senantiasa berusaha selalu mendukung , memberikan kesempatan dan mengajak yang muda yang berpotensi untuk terlibat aktif dalam memimpin organisasi profesi.

Salah satunya adalah Nanda Febryan Pratamajaya, seorang planolog muda yang menjabat Ketua DPP Intakindo Kalsel bahkan termuda se-Indonesia, hingga saat ini. Bahkan, salah satu yang paling utama dari Pak Syahdi adalah beliau suka membantu dan mempermudah setiap orang yang berhubungan dengan beliau.

BACA JUGA : Masa Transisi LPJK, Anggota Intakindo Akui Sulit Urus SKA Tahun 2021

Kami jujur saja tak menyangka beliau pergi secepat ini. Pertemuan kami terakhir sekitar sepekan yang lalu, ketika makan bersama di RM Kenanga di Banjarmasin. Saat itu, kami bersepakat merencanakan minggu depan akan ngopi sambil ngobrol dengan senior yang lainnya di salah satu kafe.

Tapi takdir bicara lain. Insya Allah, beliau husnul khatimah dan akan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Terima kasih Pak Syahdi atas segala bimbingan dan dukungannya kepada kami selama ini. Jasanya akan selalu kami kenang selamanya.(jejakrekam)

Penulis adalah Mantan Ketua DPP Inkindo, Intakindo dan LPJP Provinsi Kalsel

Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.