Ditangkap di Sungai Lulut, Pemuda Anggota JAD Sempat Berencana Serang Pos Polisi

0

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Anti Teror akhirnya mengonfirmasi operasi penangkapan pemuda terduga teroris di Desa Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

PEMUDA yang dimaksud berinisial AS alias Abu Aslam. Usianya baru 27 tahun. Ia ditangkap di sebuah rumah kawasan Sungai Lulut, pada 27 Februari 2022 lalu.

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Pol Aswin, mengungkap AS tergabung dalam Anshor Daulah (AD).

“Pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2022 sekitar pukul 12.40 WITA telah dilakukan Penahanan terhadap 1 (satu) orang Tersangka Tindak Pidana Terorisme yang tergabung dalam kelompok AD,” ujar Aswin dalam keterangan yang diterima jejakrekam.com, Kamis (17/3/2022).

BACA JUGA: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Sungai Lulut

Istilah AD merupakan sebutan populer di kalangan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang juga terafiliasi ISIS.

Tersangka AS pun diketahui sudah melakukan baiat atau perjanjian untuk taat terhadap Abu Bakar Al Baghdadi, bekas pimpinan ISIS di rumahnya pada Februari 2017.

Kemudian, baiat kedua dilakukannya usai Al Baghdadi dilaporkan tewas. Ia melakukan baiat kepada Abu Ibrahim Al Hasyimi Al Quraisy, sosok yang dikenal sebagai penerus ISIS di kediamannya.

BACA JUGA: Diamankan Densus 88, Sosok Terduga Teroris Dikenal Jarang Berinteraksi dengan Warga Sekitar

Pada April 2020, tersangka bersama dengan MS dan MR- dua terduga teroris yang sudah ditangkap- juga lakukan pembahasan mengenai rencana aksi amaliyah atau penyerangan terhadap pos-pos polisi yang berada di Banjarmasin, dengan menggunakan senjata api.

Sebelum itu, tersangka telah melaksanakan beberapa kali idad fisik dan latihan berperang menggunakan senjata WGG (Water Gel Gun).

Berdasarkan beberapa alat bukti yang sudah dikumpulkan, tersangka diduga keras telah melakukan tindak pidana terorisme sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15 Jo Pasal 7 dan Pasal 13 huruf C UU RI Nomor 5 Tahun 2018. Saat ini, AS dipastikan sudah ditahan. Sejak tanggal 5 Maret hingga 2 Juli 2022 mendatang. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.