Lakukan Panen Padi Bersama, Bupati Tabalong Ingatkan Petani Untuk Tunaikan Zakat Harta

0

BUPATI Tabalong, H Anang Syakhfiani melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Bahagia, Desa Pamarangan Kanan, Kecamatan Tanta, Tabalong, Rabu (16/3/2022).

HAL tersebut dalam rangka syukuran panen padi pada musim tanam dan musim hujan (MT/MH) bulan Oktober 2021 sampai Maret 2022.

“Alhamdulillah pagi ini kita dapat berhadir untuk untuk mensyukuri keberhasilan kita pada musim tanam, tadi kita sudah lakukan panen padi,” ujar H Anang Syakhfiani saat memberikan sambutan.

BACA: Pasar Agribisnis di Haruai Tabalong Mulai Beroperasi, Bank Mandiri Beri Dukungan

Dilaporkan, hasil panen rata-rata di Tabalong hampir mencapai 5,6 ton per hektar, bahkan pernah mencapai 8 ton hingga 10 ton.

“Dan rata-rata lokalan 3,5 ton dengan jenis padi gunung. Oleh sebab itu, kalau kita ikuti di media terkait pemberitaan di daerah-daerah lain mengalami banjir atau kekeringan, alhamdulillah ditempat kita justru panen. Ini patut kita syukuri berkali-kali,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar mengeluarkan kewajiban hasil panen dengan membayar zakat atau lainnya.

“Hal ini sudah sering saya sampaikan ketika acara seperti ini, karena sesungguhnya itulah yang akan melipatgandakan hasil panen di tahun yang akan datang serta dua minggu lagi kita akan memasuki bulan puasa,” pesannya.

BACA JUGA: Dukung Program Food Estate, Bank Kalsel Gelar Panen Raya Padi di Tabalong

Ditambahkannya, pihaknya juga mempunyai salah satu inovasi melalui Perusahaan Umum Daerah Meningkatkan Pendapatan Petani yang disingkat Perumda Kanda Tani.

“Saya pikir, kalau ini bisa menjadi satu model di Kalsel dan bisa didukung oleh APBD Kalsel, sehingga tidak hanya Tabalong, tetapi di kabupaten lain juga bisa melakukannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat serta mitra perbankan melakukan panen padi.(jejakrekam)

Pencarian populer:Kanda Tani
Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.