Bupati Banjar Telusuri Dugaan Aktivitas Tambang Ilegal di Lahan Bekas PT BIM

0

BUPATI Banjar, Saidi Mansyur, bakal menelusuri lebih jauh dugaan adanya aktivitas pertambangan batu bara ilegal di lahan PT Banjar Intan Mandiri (BIM). Sebelumnya diketahui, izin PKP2B dari perusahaan tersebut telah dicabut pemerintah pusat.

HAL itu disampaikan Saidi usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Banjar, Rabu (16/3/2022). “Ada beberapa pertambangan atau aktivitas tentu bukan ranah pemerintah (Pemkab Banjar), tapi nanti kita cek kembali di lahan konsesi BIM atau tidak,” jawabnya singkat, Rabu (16/3/2022).

Sebelumnya, didapat informasi dari masyarakat bahwa ada aktivitas pertambangan batu bara di lahan PKP2B PT BIM yang telah dicabut. Lokasi yang dimaksud berada di Desa Biih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

BACA JUGA: Tidak Produktif, Ribuan Izin Minerba, Kehutanan, dan HGU Dicabut Jokowi

Selain itu, beredar informasi bahwa sejumlah truk yang berlalu lalang yang diduga bermuatan sarat batu bara melintas jalan negara. Truk tersebut keluar dari lahan PKP2B PT BIM yang izinnya sudah dicabut pemerintah.

Aktivitas pertambangan batu bara ilegal di Kalsel diduga memang marak terjadi di Kalsel. Hal ini salah satunya dipicu dengan melambung harga batu bara di pasar global.

BACA JUGA: Catatan Denny Indrayana Usai Ribuan Izin SDA Dicabut Jokowi: Jangan Sampai Ditunggangi

Dilansir dari bisnis.com, harga batu bara global melonjak di kisaran US$400 per ton akibat adanya konflik geopolitik Rusia dan Ukraina. Hal tersebut juga memicu kenaikan harga batu bara domestik menebus ke kisaran US$155 per ton.

Sejumlah analis JPMorgan, Sumedh Samant, Henry Wibowo, dan Ajay Mirchandani mengatakan, bahwa kenaikan harga batu bara global, karena ketidakpastian pasokan batu bara thermal dari Rusia. Seperti diketahui Rusia menyumbang 15 persen seluruh pasokan global dengan kadar kalori tinggi.

Sementara itu, kenaikan harga di Indonesia, dengan batu bara kadar kalori lebih rendah, meskipun terbatas, terjadi karena keterbatasan pengganti dan permintaan impor yang terbatas dari China. (jejakrekam)

Pencarian populer:Pt banjar intan mandiri
Penulis Syahminan
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.