Pemkab Tanah Bumbu Hadiri Launching E-Ticketing ASDP Batulicin

0

ASISTEN Pemerintahan dan Kesra menghadiri kegiatan launching penerapan E-Ticketing PT Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) Cabang Batulicin, untuk fery jurusan Batulicin-Tanjung Serdang Kotabaru.

PENERAPAN E-Ticketing tersebut dilaksanakan untuk menghindari percaloan dan banyaknya peredaran uang tunai di pelabuhan. Sehingga dapat meminimalisir uang kembalian berkat sistem digitalisasi tersebut.

PT ASDP bekerjasama dengan 4 bank yang meluncurkan kartu top up, dengan masing-masing programnya yang bisa diisi saldo layaknya E-Toll. Bank tersebut yaitu BRI, BNI, Mandiri dan BCA.

Dalam sambutan Bupati Tanah Bumbu yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj Mariani mengatakan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT ASDP Indonesia Cabang Batulicin, karena terus memperluas digitalisasi penyeberangan dengan menghadirkan metode pembayaran cashless dalam pembelian tiket penyeberangan.

BACA: Gelar Kerjasama Pemkab Tanah Bumbu – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Penerapan metode pembayaran Non-Tunai ini sangat bermanfaat bagi pengguna jasa dalam memberikan rasa aman dan nyaman, dengan adanya standar pengisian data diri yang lengkap terhadap jaminan asuransi dan kelengkapan manifest penyeberangan.

Kedua, transaksi pembayaran mudah, praktis, terhindar dari uang palsu serta mendukung protokol kesehatan covid-19 untuk mencegah penularan karena meminimalisir kontak dengan petugas loket.

Ketiga, proses transaksi di tollgate lebih ringkas dan cepat serta pengguna jasa dapat lebih nyaman, teratur dan tertib, tidak perlu lagi antri di pelabuhan.

Kegiatan Launching tersebut ditandai dengan pelepasan balon terbang bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Bumbu, Hj Mariani didampingi oleh General Manager PT ASDP dan perwakilan pihak bank serta sejumlah insan perhubungan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kartu top up secara simbolis kepada pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pengguna jasa.

BACA JUGA: Kandas di Perairan Pulau Suwangi, Evakuasi Kapal Feri Batulicin-Kotabaru Tunggu Air Pasang

Sementara itu General Manager PT ASDP Cabang Batulicin Justan, didampingi Manager Usaha Ahmad Sunedi mengatakan, launching E-Ticketing dari uang tunai ke non tunai, adalah sebuah terobosan perubahan.

Selain karena regulasi juga transformasi PT ASDP, sehingga tak ada lagi uang yang beredar di pelabuhan tetapi bergeser ke masyarakat. “Kami memberikan peluang kepada masyarakat di luar pelabuhan untuk bisa menjual kartu top up,” katanya.

Selain itu, dengan penerapan E-Ticketing ini pula, hak penumpang lebih terjamin. Sebab semuanya masuk ke sistem terkait manifest yang juga lebih jelas serta keamanan jaminan asuransinya.

“Dengan penerapan ini, tak ada lagi peredaran uang di pelabuhan dan tak ada lagi uang kembalian,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.